Sakura Wars:

~So Long, My Love~

Pengembang   : RED Entertainment, Idea factory

Penerbit          : SEGA, NIS America

Genre              : Simulasi-Strategi-RPG

Sistem             : Playstation 2

Format                        : DVD Dual Layer

Pemain            : 1 orang

Memory Card : 394 kb

Rating              : Remaja

Tahun              : 2010

(Juga untuk Nintendo Wii)

Strategi RPG Penuh Cinta, Cerita, Tanpa Level, Lain dari yang Lain

Sudah sekian lama para pemain disuguhi game strategi RPG semacam Final Fantasy Tactics yang penuh intrik politik dan pendalaman job, Hoshigami yang berputar pada masalah antar negara dan pengaturan pasukan sesuai elemen, serta Disgaea yang menampilkan dunia iblis konyol beserta penaikan Level gila (sampai 9999!!). Namun walau semua judul tersebut sangat bagus dan menawarkan berbagai fitur keren dan menarik, ketiganya tidak lepas dari keharusan pemain untuk mengumpulkan senjata, baju baja, dan aksesoris serta menaikkan Level dengan melawan ribuan musuh untuk memperkuat karakter.

Meski kebanyakan orang sangat menyukai petualangan penuh aksi, pertarungan, serta melawan banyak monster, tidak demikian dengan yang lain. Cukup banyak pula orang yang lebih tertarik memainkan permainan simulasi kehidupan dan keluarga; yang mengharuskan pemain untuk menjalani kehidupan sehari-hari sambil menjaga hubungan sosial dengan sesama (misal: Harvest Moon), daripada menyerang monster seram secara membabi-buta. Bukan berarti game semacam itu jelek, tapi bagi pemain yang hanya ingin menikmati cerita dari suatu game yang memiliki cerita bagus tetapi sistem pertarungannya cukup rumit (misal: Final Fantasy), ini akan sangat menyiksa— Mereka tidak bisa menikmati ceritanya karena harus terjebak menaikkan level demi menaklukkan Boss-Boss sulit; padahal mereka tidak suka pada pertarungannya dan hanya ingin ceritanya.

Namun bagi serial game legendaris dari RED Entertainment dan Idea Factory, semua hal tadi tidak jadi soal. Game Simulasi-Strategi-RPG keluaran SEGA ini bagaikan memainkan Harvest Moon dengan interaksi antar karakternya yang apik, cerita setaraf Final Fantasy, dan pertarungan menawan bak Kingdom Hearts TANPA LEVEL!!! Itulah nama tengah game ini: “Sakura Wars: ~So Long, My Love~”!! Walau beberapa tahun silam game berjudul asli “Sakura Taisen V: ~Saraba Itoshiki Hito Yo~” ini hanya eksklusif Jepang, SEGA dan NIS America berbaik hati dengan membawa game ini ke Amerika! Karena setting game ini di New York, U.S.A., maka sebuah langkah sempurna dengan mengenalkan game ini lebih dulu dibanding 4 judul lainnya yang mengambil setting di Jepang dan Paris.

Samurai Jepang, Menuju New York!!

Berlatar belakang dunia alternatif tahun 1928, kisah dimulai di Tokyo, Jepang. Shinjiro Taiga, pemuda 19 tahun yang baru saja lulus akademi militer sebagai prajurit, hendak diikutsertakan dalam pasukan khusus pelindung Ibukota Tokyo: Flower Division (Hanagumi = Divisi Bunga).  Segera setelah kelulusannya, Shinjiro dijemput oleh Sakura Shingunji (Sakura Taisen 1), sang aktris terbaik dari Teater Ibukota (Imperial Theater) untuk menemui komandan. Ichiro Ogami (Sakura Taisen 1-4), komandan Flower Division sekaligus paman Shinjiro tiba-tiba mengirim Shinjiro ke New York!? Shinjiro diminta masuk sebagai pemimpin baru di pasukan Flower Division versi Amerika, yaitu Star Division (Hoshigumi=Divisi Bintang): New York Combat Revue! Walau gugup, berbekal keahlian pedang, benda rahasia dari pamannya, serta semangat seorang samurai, Shinjiro berangkat menuju negeri Paman Sam.

Tak lama pun Shinjiro sampai di New York, Times Square. Di markas NYCR yang disamarkan sebagai teater musikal “Little Lip Theater” tersebut, Shinjiro sangat terkejut mengetahui bahwa bukan dia prajurit yang diinginkan di Star Division, melainkan pamannya. Disambut dingin oleh anggota NYCR yang lain, tidak boleh ikut bertugas, dan disuruh pulang ke Jepang, Shinjiro merasa depresi. Namun pertemuannya dengan seorang gadis berkacamata membuatnya ingin mencoba tinggal lebih lama, walaupun hanya bekerja sebagai penarik tiket teater. Berkat usaha keras dan semangatnya yang menggebu, Shinjiro mendapat  kesempatan ikut terjun di medan pertempuran. Lewat pertarungan sengit menghadapi robot-robot jahat, kapten sebelumnya dari NYCR terluka dan menyerahkan posisinya pada Shinjiro. Dengan ambisi misterius kelompok kegelapan New York, berbagai anggota baru, serta masalah personal di antara masing-masing anggota ditambah terusiknya keadaan kota, sanggupkah semangat samurai Shinjiro membuktikan keberadaannya sebagai pemimpin sekaligus mencapai kedamaian dalam medan pertempuran sakura di Amerika ini!?

Little Lip Theater, Teater Broadway Yang Bersinar

Seperti Flower Division, Star Division menggelar pertunjukkan drama musikal pada sebuah teater di Broadway: Little Lip Theater. Selain sebagai penyamaran sempurna dari identitas asli New York Combat Revue, juga untuk menjaga keharmonisan antar penduduk New York  melalui keajaiban lagu dan tarian. Setiap harinya pertunjukkan drama musikal digelar untuk menghibur masyarakat New York dari berbagai karya, film, atau cerita populer; mulai dari Cleopatra, Jungle Revue, Viva Harlem, Hamlet, Madame Butterfly, Romeo dan Juliet dsb. Keenam aktris berbakat dari Little Lip Theater akan  memerankan berbagaiperan baik lelaki maupun perempuan, lalu berakting, berdansa, serta menyanyi mengikuti alur cerita dengan sempurna dan penuh penjiwaan. Pertama adalah kapten sebelumnya Ratchet Altair (sebelumnya, anggota Divisi Eropa), yang cantik, elegan serta penuh karisma. Kedua Cheiron Archer (Sagiita Weinster); sang wanita pengacara tangguh dan gigih (terkadang keras kepala) dalam  mempertahankan kampung halamannya di Harlem. Ketiga Rosita Aries (Rosarita/Rikaritta Aries); gadis kecil penembak jitu dari Meksiko yang bekerja sebagai Bounty Hunter (pemburu bayaran) bersama tupainya Niccolo, walau baru berusia 11 tahun. Makannya pun sangat banyak, walau badannya super kecil! Keempat Diana Caprice, dokter muda yang ramah dan penyayang binatang (terutama burung), memiliki Pneuma (energi jiwa) yang sangat besar. Psst, diam-diam dia hobi mengoleksi rumah boneka, lho!  Kelima Subaru Kujo; penari Noh (tarian tradisional Jepang) yang ahli menggunakan kipas dan jenius dalam segala hal. Walau terlihat seperti perempuan (?), tapi mengenai dia adalah lelaki atau perempuan benar-benar misterius (!!!). Keenam Gemini Sunrise, sang gadis koboi Texas (Yeehaw!) yang ahli pistol serta pedang Jepang berkat ajaran gurunya Mifune. Didukung penuh oleh penjaga toko suvenir sekaligus perancang kostum Anri Yoshino, penjaga bar sekaligus host kontes foto Cherry Cocker, serta boss yang dandy (?) Michael Sunnyside, keenam aktris ini yang walaupun punya pekerjaan lain selain menjadi aktris teater dan bertempur, semuanya selalu tampil sempurna di hadapan para penonton; menunjukkan semangat, cinta, serta keharuan sebuah cerita, tanpa wajah yang lelah setiap hari. Itulah dunia profesional!

Kapten Taiga, Jelajahi Kota New York!

Di tempat seperti itulah kamu bermain sebagai Shinjiro, yang bekerja keras setiap harinya sebagai (calon) kapten baru. Dalam ‘Mode Petualangan’ ini, kamu menggerakkan Shinjiro secara langsung ke distrik-distrik kota New York; mulai dari Harlem, Midtown, Village, sampai Bay Area. Di setiap distrik itu pemain bisa melihat langsung tempat-tempat terkenal New York seperti Wall Street, China Town, Central Park, 5th Avenue, Battery Park, Cafe Samba, Mercury Club, Gold Plaza Hotel, dan masih banyak lagi. Di berbagai tempat dan pemandangan yang indah tersebut, Shinjiro bisa mengambil foto menggunakan jam sakunya yang merangkap sebagai telepon dan kamera (Cameratron) untuk memfoto objek dan orang-orang. Pemain juga bisamengikuti kontes foto untuk mendapatkan foto-foto artis Little Lip Theater (Gemini, Cheiron, Rosita, Diana, Subaru, Ratchet). Dengan mengikuti tema setiap bulan, pilih tempat yang tepat, atur jarak dan fokus, lalu potret! Selain mengoleksi foto-foto di panggung (dengan membelinya dari Anri), pemain juga bisa mendapat foto-foto rahasia melalui kontes tadi. Tapi hati-hati; bila fotonya buram atau tidak terang (perhatikan waktu), tidak akan diterima! Sanggupkah kamu menjadikan Shinjiro fotografer samurai yang handal!?

Jadilah Kapten Sejati: Dalami Hubungan Antar Sahabat!

Menghadapi para orang-orang kulit putih yang unik, Shinjiro akan dihadapkan pada banyak pilihan berupa LIPS (Live and Interactive Picture System=sistem gambar hidup dan interaktif). Saat menemui suatu kejadian pada salah satu tempat yang dikunjungi, pemain akan melihat gambar bergerak yang unik dalam sudut pandang Shinjiro seperti game visual novel, lalu memilih berbagai jawaban yang tepat.

Seperti Normal LIPS: saat ditanyai atau harus bertindak, pemain harus memilih di antara 3 jawaban dalam WAKTU TERBATAS (meteran di sekeliling kotak bicara). Tergantung pilihan pemain, kepercayaan teman-teman Shiniiro akan bertambah atau berkurang. Bila melewatkan kejadian penting tertentu, mungkin hanya 1 atau 2 pilihan yang terbuka; jika membiarkan waktu habis, Shinjiro akan diam (tak sanggup berkata-kata?). Pemain dilatih berinteraksi; berpikir cepat, menjawab tepat, agar dipercaya orang sekitar. Walau selalu dihadapkan pada pilihan, terkadang diam saja lebih baik. Contoh: (lihat screenshot di samping) saat diperlakukan dingin oleh anggota lainnya, Shinjiro bisa merengek (pilihan 1, paling atas), sabar dan tersenyum (pilihan 2, yang tengah), atau marah dan membentak (pilihan 3, paling bawah). Bila memilih untuk marah, anggota lain akan mencap Shinjiro sebagai orang yang mudah lepas kendali, serta tidak diperlukan dalam tim. Namun dengan memilih untuk sabar dan tetap tersenyum, anggota lain mulai melihat Shinjiro sebagai orang yang bisa fokus pada pekerjaannya dan (mungkin) bisa diandalkan. Jangan terbawa perasaan, ya!

Ada pula Analog LIPS, di mana Shinjiro harus mengatur nada bicaranya(atau timing gerakan), dengan meninggi-rendahkan meteran pada kotak bicara (seperti mikrofon). Semakin tinggi meteran, semakin keras dan tegas pula Shinjiro akan berbicara (bahkan sampai berteriak). Lihat-lihat situasi! Saat berhadapan dengan lawan atau mendukung teman misalnya, bicaralah sekeras mungkin untuk meninggalkan kesan yang kuat! Lagipula dengan suara yang tinggi itu, teman-temanmu akan merasa terdukung dan bersemangat! Lain halnya jika sedang membuntuti mafia atau duel satu lawan satu; berbicara keras atau menyerang dengan terlalu bersemangat akan membuat Shinjiro tertangkap basah dan mendapat pukulan telak! Rendahkanlah volume dengan menurunkan analog ke bawah; untuk berbisik serta bergerak dengan hati-hati. Bacalah situasi sekitar dan jaga bicara serta tindakanmu!

Kemudian ada Stick LIPS: saat Shinjiro mengerjakan suatu hal detil, pemain akan menggerakkan kedua stik analog berulang-ulang ke arah yang diminta sampai meteran di tengah layar penuh. Seperti menggerakkan kedua analog kiri dan kanan bersamaan ke atas dan bawah dengan cepat untuk berlari membantu Gemini, memutar analog kiri dan kanan bergantian searah atau berlawanan jarum jam untuk menahan sakit saat diobati Diana serta memasak bersama Rosita, tambah pula menggerakkannya secara variatif ke segala arah saat bertanding street basket 3-on-3 melawangeng teman-teman Cheiron, atau memainkan saxophone— berduet dengan permainan piano jazz Subaru!! Latih jari-jari tanganmu sampai terampil dalam berbagai hal, dan buktikan nilaimu sebagai pekerja! Ingat, dunia ini penuh persaingan!! Belum lagi Double LIPS yang menampilkan berbagai pilihan sekaligus dalam kurun waktu tertentu, langsung menghujani kalian dengan macam-macam pilihan dan tindakan yang harus diambil: bisa berupa Normal, Analog, atau Stick LIPS!!! Berusahalah sampai batas otak kalian untuk memilih yang terbaik, agar mendapat kepercayaan yang sesungguhnya dari teman-teman!!!

Lindungi New York! Medan Perang Sakura

Sebagai New York Combat Revue, setiap anggota Star Division harusmelindungi kota New York dari invasi robot-robot jahat. Robot-robot ini di bawah perintah sekelompok orang (?) yang mengaku sebagai “Heaven’s Demon (Iblis Surga)”, membuat kekacauan seperti menghancurkan Patung Liberty, menduduki Harlem secara paksa, merampok emas dari bank, merusak taman memakai burung-burung tak berdosa, bahkan menculik puluhan wanita sebagai korban. Segalanya dilakukan untuk membangkitkan ‘tuan’ mereka: sang “Demon Lord”, yang tertidur dalam “Kastil Azuchi”… Melawan mereka, tim New  York Combat Revue akan diberikan tujuan yang berbeda setiap misi: mulai dari mengalahkan semua musuh, melindungi tempat tertentu, mencegah infeksi daerah, dsb.

Shinjiro dkk pun bertarung melawan mereka menggunakan temuan robot bertenaga uap:  STAR! Robot-robot canggih ciptaan Wong Xingzhi ini digerakkan dengan energi Pneuma pilotnya; bisa bergerak sesuai keinginan, kemampuan khusus, dan sifat sang pilot! STAR Shinjiro misalnya: FENIX SPA-05J Fujiyama-STAR; mampu menggunakan 3 pedang panjang dan pendek (Odachi & Kodachi) sekaligus sesuai gaya samurai Shinjiro. Rodeo-Star milik Gemini bisa menembak dan menebas musuh dengan 1 senjata saja, sebagaimana keahlian pistol dan pedang Gemini, dll. Bersama 5 STAR anggota lainnya, Shinjiro akan memimpin pertarungan lewat sistem ARMS (Active &Real-time Machine System), dalam pertarungan tanah maupun udara. Setiap karakter (termasuk musuh) mempunyai meteran gerakan (mobility) yang akan menentukan jumlah gerakan dalam setiap putaran. Misalnya untuk bergerak sejauh 2 meter, membutuhkan 1 bar, 10 meter 5 bar, dan seterusnya. Untuk menyerang, cukup menekan tombol X setelah musuh masuk jangkauan, dengan bayaran 1 bar gerakan setiap serangan (bisa sampai 5 kali). Setelah meteran habis, pemain bisa bertahan (2 bar) dan mengakhiri giliran (End Turn).

Dengan memanfaatkan poin semangat (SP), Shinjiro dkk bisa melakukan berbagai gerakan khusus. Mengonsumsi 100 SP, setiap anggota bisa melakukan teknik mematikan (Special Attack) pada musuh; seperti Tiger Fang milik Shinjiro, menebas 1 musuh secara spiral menggunakan 2 pedang, atau Rumbling Wheel milik Gemini, membakar musuh dalam ruang lingkup berbentuk bintang. Serangan Gabungan (Joint Attack): dengan konsumsi 25 SP dari Gemini dan Cheiron, keduanya bisa melakukan serangan gabungan pada semua musuh yang berada di antara mereka sekaligus. Anggota lain yang cukup dekat pun bisa membantu dan menghasilkan serangan 3 orang!! Pemain juga bisa memulihkan diri (Healing), atau memulihkan SP dengan konsumsi-konsumsi mobility yang berbeda sesuai strategi. Eits, musuh juga bisa melakukannya, lho! Bentuk-bentuk serangan juga akan berbeda antara pertarungan tanah dan udara.

Sebagai pemimpin, Shinjiro bisa menetapkan strategi yang berbeda pada tim melalui menu Strategem. Dengan Strategem Shin (Spirit/Semangat), semua akan memusatkan untuk menyerang; kekuatan serangan naik dan mengumpulkan SP hanya perlu 2 bar mobility, tapi untuk bertahan perlu 4 bar mobility dan tidak bisa Healing! Berkebalikan dengan Strategem Tai (Phsycal/Fisik), semua akan memusatkan pertahanan; daya tahan naik dan bertahan hanya perlu 1 mobility, tapi untuk mengumpulkan SP perlu 4 mobility dan tidak bisa memakai Special Attack! Bisa juga tetap memakai Strategem Gi (Techique/Teknik), semua akan bertarung fleksibel; kecepatan meningkat dan bisa memakai semua gerakan, walau perlu mobility lebih banyak dibanding Shin dan Tai. Menggonta-ganti strategi sesuai keadaan adalah tugas pemimpin!

Penuh Motivasi! Kekuatan Persahabatan

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Sakura Wars tidak memakai sistem level. Kemampuan tempur setiap anggota termasuk Shinjiro dipengaruhi oleh tingkat trust (kepercayaan), yang dibangun melalui jalan cerita. Dengan pilihan-pilihan yang tepat selama LIPS, semua anggota akan lebih memercayai Shinjiro. Tingkat kepercayaan mereka dilihat dari warna dan tebal garis yang mengubungkan masing-masing karakter di menu “Friendship”. Semakin tebal, semakin percaya karakter tersebut pada Shinjiro, sehingga saat pertempuran akan dimulai, kemampuan mereka (Attack, Guard, Move) akan bertambah!! Hal ini juga merubah tingkat kekuatan serangan gabungan masing-masing!! Kekuatan saling percaya adalah kekuatan yang sesungguhnya!

Selain kemampuan, semangat mereka untuk bertempur pun berubah tergantung perlakuan Shinjiro sebelum bertempur. Bila Shinjiro menemani Gemini berbelanja atau membantu membersihkan teater misalnya, Gemini akan sangat bersemangat (Highly Motivated!), membuat meteran mobility Gemini saat bertarung bertambah dari 6 menjadi 9; membuatnya bisa bergerak lebih leluasa!! Sebaliknya, jika Shinjiro menolak untuk bermain dengan Rosita misalnya, Rosita akan marah dan cemberut, tidak bersemangat (Not Motivated…). Hal ini akan mengurang meteran mobilitynya dari 7 menjadi 4 (aduh), sehingga sulit bergerak dan tidak banyak membantu. Semua sangat dipengaruhi oleh tindakanmu di LIPS, jadi hati-hati dalam bicara danbertindak! Jagalah perasaan masing-masing teman anggota tim, untuk membuat setiap pertarungan menjadi kemenangan, dan tunjukkan diri sebagai pemimpin yang baik! Bila kamu (sebagai Shinjiro) mampu menjaga moralitas tim, ranking Shinjiro akan naik; meningkatkan mobility, Attack, Guard, serta Move! Mulai dari Rookie (Pemula), kemudian Hope (Harapan), Brave (Pemberani), lalu ada Ace (Unggulan), bahkan Hero (Pahlawan)!! Apakah kamu bisa membuat Shinjiro menjadi kapten yang dibutuhkan timnya? …Pada akhirnya nanti, siapa pula yang akan menjadi ‘soulmate’ Shinjiro?? *ehem*

Akhir kata, game “Sakura Wars: ~So Long, My Love~” adalah game yang sempurna (menurut saya…). Cerita yang luar biasa, karakter-karakter yang bersinar, grafis yang cantik, musik yang indah, pertempuran yang panas, foto-foto yang membekas di hati, dan bonus-bonus memukau yang tak terhitung jumlahnya. Sebuah game yang sangat lur biasa; secara ajaib mempesona hati dan pikiran kita semua! Penggemar game atau bukan, cobalah menjalani kisah New York ini. Hanya rasa haru-biru, pelajaran hidup sejati sebagai manusia, dan rasa bahagia antar teman yang menantimu!

Nilai:

Grafis              : 90      A+

Suara               : 90      A+

Permainan      : 100    S

Fitur                 : 100    S

Cerita              : 100    S

Keseluruhan   : 96 A++

E (0-20)           : Parah

D (21-40)         : Buruk

C (41-60)         : Kurang

B (61-80)         : Lumayan

A (81-99)         : Bagus

S (100)             : SEMPURNA