Salam sejahtera semua! Akhirnya kita memasuki tanggal keramat 1 Januari, Tahun baru! Ini bukan sekedar pergantian angka pada sistem masehi dunia kita, tapi menghimbau serius kita semua untuk memulai semuanya dengan lebih baru. Apa maksudnya membuang hal yang lama? BUKAN! Tapi memperbaharui berbagai macam hal dalam hidup kita dengan lebih baik dan efisien tanpa membuang hal penting—terutama yang lama. Tidak hanya berlaku untuk memperbaharui diri sendiri, tetapi juga untuk membuat orang lain—hewan—tumbuhan— semua lebih baru!!!!! Mungkin berlebihan, tapi itu benar kok!

Perlu kita ketahui bahwa BANYAK saudara-saudari kita di tanah air, apalagi di seluruh dunia, yang masih belum hidup layak. sebut saja korban tsunami aceh 2004 lalu; walau sebagian besar sudah mendapat bantuan yang seharusnya, masih tersisa 2000 Kepala keluarga (KK) yang sampai tahun 2009 ini belum mendapat rumah dan harus tinggal dengan rumah gubuk. Hendaknya bila kita punya pengetahuan mengenai cara untuk membantu, berbagai daya seperti makan-minuman-pakaian-uang untuk diberikan, juga keahlian khusus yang bisa digunakan untuk menolong, LAKUKANLAH TANPA RAGU! Seperti kita berusaha menjaga keluarga, sanak-saudara, juga teman serta orang-orang terdekat, baiknya kita melakukannya juga untuk mereka yang menderita—sekalipun kita sama sekali tidak kenal. Memang sulit untuk peduli pada orang asing— seperti yang bisa saja kita curigai karena mungkin mereka berpura-pura, menipu, dsb seperti sebagian pengemis, pencopet, dan lain-lain. Namun walaupun kita harus berhati-hati di zaman sekarang, jangan sampai kita tidak peduli sedikitpun. Galilah kekuatan pikiran kita untuk mengetahui apa yang benar, siapa yang harus ditolong, dan tindakan apa yang BENAR-BENAR membantu mereka yang membutuhkan. Seringkali sumbangan materi kita tidak cukup, dan kita harus berbuat sesuatu hal lain yang mungkin sangat merepotkan. Kalau sudah jadi seperti itu bagaimana? Mudah, seperti pewartaan takwa/wahyu/injil/karya keselamatan/kabar gembira di dunia dalam lebih dari 99999999999 cara, kita masing-masing bisa mencari 1 saja dari banyak piliuhan tersebut dan melakukannya—– Bukan untuk diri sendiri, keluarga, atau orang terdekat saja, tapi SEMUA MAKHLUK TANPA KECUALI.

Agar kita semua bisa menjadi baru tanpa meninggalkan satu hal pun dalam kegelapan.

-?????-

Makanya, jika kita cuma bengong, tidak mempedulikan sekitar kita,  terus melakukan hal yang salah dan nggak berguna, nanti akan jadi seperti di film 2012 itu lho!! …Aku nggak bercanda, loh! kalau tidak mulai memperbaiki situasi alam, sosial, ekonomi, politik, dan sebagainya dari sekarang, nanti akan ada bermacam-macam krisis. 2012 memang hanya film, tapi jika kita terus lalai dalam menjaga alam dan makhluk-makhluk hidup lain, bisa benar-benar terjadi hal yang buruk. Kalau mau ada tahun 2013 dan seterusnya, kita harus berusaha sebaik-baiknya dengan tangan kita sendiri!! Kita bisa kok; sekarang pun sudah banyak sekali yang memulai perjuangan, kita tinggal berusaha lebih lagi agar bisa masuk ke dalamnya. Lakukan saja yang kita bisa! Tidak usah bersedih, pasti kita akan berhasil. Mari menyongsong cahaya yang semakin terang di depan sana, bersama-sama!

Sebelum lupa, sekali lagi…

Advertisements