Melty Blood

Actress Again

Pengembang  : Ecole

Penerbit        : Ecole

Genre           : Pertarungan

Sistem           : Playstation 2

Pemain          : 1-2 orang

Memory Card : 56 kb

Rating           : Remaja

Tahun           : 2009

Sekali lagi, ‘Darah Yang Meleleh’ Dari Type-Moon dan Ecole

Bagi para penggemar anime juga game visual novel dan suka memainkannya di komputer, pasti tak asing mendengar judul “Tsukihime (Putri Bulan)”, “Fate/Stay Night”, atau “Kara no Kyokai: Garden of Sinners (Lingkup Kekosongan: Taman Para Pendosa)” di telinga. Ketiga game tersebut adalah karya emas dari developer terkenal Jepang: Type-Moon, yang banyak mengeluarkan game dengan cerita yang gelap, kompleks, tetapi luar biasa dalam segala aspek sebuah karya tulis. Cerita-cerita yang mustahil dipandang sebelah mata tersebut berasal dari penulis hebat Nasu Kinoko, yang berbagai buah karyanya sudah dirilis sebagai novel-novel laris di Jepang. Beberapa tahun silam, Type-Moon memutuskan untuk membuat game fighting yang merupakan sekuel dari Tsukihime, dengan karakter-karakter dari semua karya Type –Moon sebagai ‘aktor-aktor’-nya. Harapan itu pun berhasil diwujudkan oleh Ecole, dalam sebuah game pertarungan 2D bergaya anime berjudul: Melty Blood (Darah yang Meleleh). Walau berjudul demikian, bukan berarti game ini berisi banyak darah mengucur serta adegan sadisme. Judul tersebut lebih menekankan pada tema ceritanya yang berat untuk anak-anak. Ecole telah mengeluarkan Melty Blood, Melty Blood Re-Act, Melty Blood -Act Cadenza-, dan akhirnya Melty Blood -Actress Again- sebagai ekspansi terbarunya. Walau awalnya hanya khusus Arcade (dingdong), Ecole berbaik hati men-port seri ini ke Playstation 2 dengan berbagai fitur khusus. Namun jika kalian berpikir “Ini cuma game anime fighting biasa saja”, SALAH BESAR!

Hologram Summer Again. Tri Hermes Black Land

Cerita dalam game ini berpusat pada Shiki Tohno (tokoh utama Tsukihime), remaja SMU yang memiliki “Mata Mistis Persepsi Kematian”. Dengan mata itu dia mampu melihat berbagai ‘garis’ yang terlihat pada makhluk hidup serta benda mati, yang bila dipotong, akan mengakhiri eksistensi mahkluk/benda itu… Dengan kata lain, MATI. Untunglah kakak kelasnya Aozaki Aoko memberinya sebuah kacamata, yang bila dipakai mampu menghalangi kemampuan matanya. Tak lama Shiki hidup normal bersama adik angkatnya Akiha Tohno, beserta 2 pelayan setia yaitu gadis kembar Hisui & Kohaku. Dia menjalani hidup yang penuh liku bersama Arcueid=Brunestud, Ciel, Yumiduka Satsuki, Arima Miyako,   Len (Ren dalam versi Jepang), dan banyak lainnya. Beberapa waktu kemudian (setelah akhir dari Tsukihime), seorang gadis Mesir bernama Sion Eltnam Atlasia mengetahui kemampuan Shiki dan meminta bantuannya… Shiki tak pernah menyangka bahwa dia akan terbawa dalam perseteruan hidup-mati yang melibatkan berbagai vampir haus darah dan orang-orang terdekatnya… Walau enggan, Shiki harus sekali lagi menggenggam “Pisau Nanaya” di tangannya dan bertempur. Tanpa mengetahui; bahwa ada seseorang di luar sana, yang bernasib sama dengannya…

Seperti tipe game fighting pada umumnya; game ini didasari oleh mekanisme pertarungan 1 lawan 1, dalam jumlah ronde dan waktu yang sudah ditentukan. Setiap pemain bisa melakukan lari, melompat, menunduk, pukulan lemah,pukulan sedang, pukulan kuat, dan bantingan. Dengan kombinasi gerakan tombol arah dan tombol serangan, pemain bisa melakukan suatu jurus karakter tersebut. Misalnya bawah, kanan-bawah, dan kanan + pukulan kuat untuk mengeluarkan Hadou-Ken (Bola Api) pada Street Fighter. Pertarungan terus berlanjut sampai ada yang kalah; Melty Blood memiliki mekanisme yang sama seperti itu, hanya saja dengan berbagai perbedaan. Semisal Guard meter; meteran biru di bawah Life Bar mengindikasikan kemampuan bertahan pemain, setiap kali bertahan (menahan tombol arah kebalikan dari arah lawan) meteran ini akan berkurang dan bila habis pertahananmu akan jebol! Lalu dengan Magic Circuit (sejenis Super Meter dalam Street Fighter) yang berkisar dari 0-300%; yang bertambah setiap kali menyerang atau diserang, pemain bisa melakukan serangan super (EX) yang merupakan versi lebih kuat dari serangan biasa. Selain itu dengan konsumsi 100%-299% Magic Circuit, pemain bisa mengaktifkan mode Heat di mana Life Bar pemain yang tersisa (berwarna merah) akan pulih kembali dan pemain bisa melakukan jurus tanpa batas juga jurus kuat Arc Drive! Bahkan dengan konsumsi 300% Magic Circuit (MAX), pemain bisa mengaktifkan mode Blood Heat; mode yang sejenis dengan Heat, tapi pemulihannya lebih cepat, juga memberi akses ke jurus terkuat Last Arc Drive!! Tapi tentu saja mode ini dibatasi waktu (sesuai jumlah Magic Circuit yang dimiliki), sehingga pemain harus cepat!

Dia akan tesenyum, dan menyanyikan sebuah Lagu.

Seperti tipikal game pertarungan lainnya, game ini dilengkapi dengan mode Arcade di mana setiap karakter akan melewati 9 stage dengan jalan cerita dan lawan masing-masing, mode Versus untuk berduel dengan teman atau CPU yang dilengkapi fitur Once Again (mengulang duel dengan cepat), mode Training untuk berlatih gerakan dan jurus setiap karakter, serta Survival untuk bertarung tanpa batas. Bila semua itu adalah fitur umum dalam setiap game fighting, lantas apa yang membuat Melty Blood –Actress Again- ini begitu spesial? Pertama; dari awal game ini menyediakan 25 karakter, itupun termasuk karakter khusus versi PS2: Ryougi Shiki (tokoh utama Kara no Kyokai), dan belum termasuk 5 karakter rahasia yang bisa dibuka dengan syarat tertentu. Total ada 30 karakter dari seri Tsukihime dan Kara no Kyokai; serta walau sebagian besar adalah karakter cewek beserta versi ‘jahat’-nya (Sion Eltnam Atlasia/Sion Tatari, Arcueid=Brunestud/Red Arcueid, Tohno Akiha/Akiha Vermillion, Len/White Len, dll), para karakter cowok yang tersedia pun tidak kalah kerennya (Tohno Shiki/Nanaya Shiki, Michael Roa Valdamjong, Warachia, Nero Chaos), belum lagi karakter-karakter konyol yang tak disangka-sangka ternyata sangat kuat (Neco-Arc, Neco-Arc Chaos, Mech-Hisui). Bahkan terdapat fitur “Karakter Terbaik”, yang akan menunjukkan karakter mana yang paling sering dipakai berikut persentase pemakaiannya (Arcade, Versus, Training, Survival, etc selama bukan karakter yang dipakai komputer), jumlah maksimum kombo yang pernah dicapai, dan kerusakan maksimum yang pernah diberikan.

Kedua; yaitu Style (gaya) bertempur dan penampilan karakter. Setiap karakter wajib memilih 1 di antara 3: Crescent Moon (Bulan Sabit) = gaya bertarung yang mengutamakan keluwesan gerak dan serangan cepat, Half Moon (Bulan Setengah) = gaya yang berimbang, lebih mudah mengincar combo tinggi namun tak bisa mengakses Heat/Blood Heat, serta Full Moon (Bulan Purnama) = gaya yang memberatkan pada power (tenaga), bisa mengisi Magic Circuit sendiri (walau tak bisa mengaktifkan Heat) dan memusatkan semua pada serangan yang kuat dan mematikan. Walau karakter yang dipilih sama, dengan Style yang berbeda, gerakan karakter tersebut sampai tipe dan timing jurus-jurusnya akan berbeda! Bahkan pada karakter tertentu, dengan Style yang berbeda, pemain akan merasa mengendalikan karakter yang benar-benar berbeda! Itu belum termasuk Style rahasia/tersembunyi Eclipse (Gerhana), yang luar biasa kuat dan melampaui ketiga Style lainnya!! Namun terpisah dari ketiga Style tersebut, pemain bisa melakukan serangan balik (Counter), mengurangi kerusakan yang diterima (Reduce), bahkan menangkis serangan lawan (EX Shield), ketika lawan melancarkan combo. Tentunya, banyak teknik lain seperti Shield Bunker dan semacamnya yang hanya diperuntukkan bagi para veteran game pertarungan atau GITAR (Gila Tarung)! Sedangkan selain Style, pemain juga harus memilih kostum/warna (Color) dari karakter! Setiap karakter memiliki 35+ warna berbeda untuk mengubah penampilan seperti orang lain. Misalkan saja Tohno Akiha dengan warna tertentu bisa mirip Yukiki Amagi dari Persona 4!! Tohno Shiki bisa berambut pirang dan berseragam hitam, dan penampilan gila lainnya!

Ketiga; yaitu Boss Rush, Special Mode, dan Stage Select. Boss Rush adalah mode khusus di mana pemain akan berhadapan dengan para karakter ‘Boss’ yang selain sangat lihai, semuanya memakai Style Eclipse!! Bahkan ada Boss ‘mustahil habis’ semacam Dust of Osiris, G Akiha, juga karakter terkuat Archetype: Earth Arcueid!!! Setelah menyelesaikan Arcade sekali, mode Special akan terbuka. Mode ini berisi Scenario Play untuk memainkan ulang kembali cerita-cerita dan ending dari setiap karakter yang sudah kamu selesaikan; lalu Music Play untuk mendengarkan 69 musik serta lagu dalam game. Musik dan lagu dalam game ini memang luar biasa; tidak seperti musik game fighting yang umumnya ‘hanya agar tidak sunyi’, setiap BGM maupun lagu yang ada secara mengejutkan sangat indah dan enak didengar. Sebut saja “Everlasting Destiny” yang menggambarkan kehidupan bahagia para tokoh, “wandering in torture” yang melambangkan kesedihan, kebingungan, dan putus asa dalam kehidupan nan kelam, “SAKURA-KOI-UTA” yang melambangkan ketenangan, “Need Speed” yang berupa ritme cepat pertarungan, “Very Slow Life” yang berupa irama lucu dan kocak ala Neco-Arc, dan masih banyak lagi lagu/nada yang mengagumkan! Lalu dalam memilih tempat pertarungan (Stage Select) ada begitu banyak pilihan tempat yang menawan; misalkan “Classic/Fateful Showdown” tempat bertemunya Tohno Shiki dan Aozaki Aoko, “…and nothing heart” yang merupakan kediaman keluarga Ryougi, “Through Looking Glass” yang berupa area salju mimpi kediaman White Len, “Coating Earth – Black Land/Melty Blood Texture” tempat penentuan dengan Dust of Osiris, bahkan tempat jayus seperti “Magical Kohaku Prison” dan “Doctor Kohaku Garage”. Semuanya digambarkan begitu detil, artistik, penuh warna, dan cerah seperti artwork dalam seri novelnya.

Walau (disayangkan) resolusi pixel setiap karakternya kurang tinggi dan sedikit terlihat kotak-kotak, akan tetapi fitur lainnya begitu patut diacungi 2 jempol. Mulai dari pengisian suaranya yang sangat hidup, gambar-gambar pemandangan serta event ceritanya dipaparkan indah dan berkualitas tinggi, jumlah karakter yang BANYAK, kekuatan masing-masing karakter yang seimbang (balanced) dan tidak ada karakter yang lebih superior daripada yang lain, ritme pertarungan yang cepat-menegangkan-penuh efek spesial, musik serta lagu yang bersemangat dan menyentuh hati, dan terakhir penampilan para karakter yang menawan dan persis aslinya. Adegan “Versus”-nya saja membuat hati saya berdebar (kereen!!)!! Kalian yang bukan jago game fighting pun (seperti saya), pasti akan menyukai game ini— apalagi jika kalian penggemar seri Tsukihime! Tidak diragukan, game ini adalah salah satu game fighting terbaik di tahun 2009!!!

Nilai:

Grafis: 85      A+

Suara: 95      A++

Permainan: 95 A+

Fitur: 95      B++

Cerita: 80      A

Keseluruhan  : 90      A+

E (0-20)               : Parah

D (21-40)         : Buruk

C (41-60)        : Kurang

B (61-80)         : Lumayan

A (81-99)         : Bagus

S (100)             : Sempurna!

Advertisements