SMT Devil Survivor AltShin Megami Tensei

Devil Survivor

Pengembang           : Atlus

Penerbit         : Atlus

Genre              : Strategi-RPG

Sistem             : Nintendo DS

Pemain           : 1 orang

Ukuran Game: 47.5 Mb

Rating             : Remaja

Tahun              : 2009

Shin Megami Tensei Strategi!

Seperti yang kalian ketahui, seri Shin Megami Tensei (SMT) adalah game kebanggaan Atlus yang  selalu berbau mistis. Bagi para penggemar setiap serial ini mulai dari Nocturne, Digital Devil Saga, Devil Summoner, Persona 3, dll, pasti akrab dengan para Iblis (Demon) yang muncul di setiap game: Jack Frost, Belzeebub, Orthus, Rangda, Barong, dan semacamnya. Kebanyakan mungkin sudah ‘kenyang’ disuguhi game RPG macam berkeling kota, membeli item dan Equipment, menjelajah dungeon, bla-bal-bla… Tapi bagaimana jika game Strategi RPG sekaliber Final Fantasy Tactics, Hoshigami, dan lain daripada yang lain? Jika ya, sambutlah Devil Survivor!

Hari yang Tenang di Tokyo… Sebelum Penguncian!

Suatu hari yang biasa-biasa saja di Tokyo, akhir liburan musim panas untuk Sr-014anak SMU…  Hero (tokoh   utama, namai sendiri) diajak nongkrong oleh sepupunya Naoya yang seorang programmer jenius, bersama 2 teman baiknya: Atsuro dan Yuzu. Setelah semua berkumpul di Shibuya (kecuali Naoya), Yuzu yang sebelumnya berpapasan dengan Naoya diserahi 3 buah Communication Player (COMP). COMP adalah sebuah alat berbentuk MIRIP Nintendo DS yang bisa digunakan untuk mengirim E-Mail, Chatting, dll seperti sebuah Handphone. Atsuro yang gila komputer sekaligus murid Naoya menyadari bahwa ketiga COMP itu Laplace Mailsudah dimodifikasi; tambah lagi ada E-Mail aneh (Laplace Mail) yang memberitahukan kejadian di masa depan, sehingga Atsuro ingin memeriksanya. Sambil menunggu Atsuro, Hero dan Yuzu yang berkeliling lalu kaget; sebuah pembunuhan—- sesuai yang tertulis di Laplace Mail tadi, benar-benar terjadi!

Belum cukup ketakutan, dari 3 COMP yang diperiksa Atsuro tadi, Program Demon Summoning ProgramPemanggil Iblis (Demon   Summoning Program) aktif! Dari ketiga COMP tersebut muncul Iblis yang menyerang Hero dkk; anehnya mereka tidak langsung mati, bahkan bisa melawan! Ternyata fitur Harmonizer dalam COMP membuat tubuh manusia menyesuaikan diri, sehingga bisa melawan dan… memanggil Iblis!? Hero, Atsuro, dan Yuzu berhasil selamat; setelah diberi penjelasan oleh Naoya, mereka mengetahui bahwa siapapun dengan COMP modifikasi tersebut bisa membuat kontrak dengan Iblis dan bertarung bersama, atau disebut: Penjinak Iblis (Demon Tamer). Segera; mereka menyadari bahwa seluruh wilayah Jepang di dalam Lingkaran Kereta Yamanote (Yamanote Circle) telah didatangi begitu banyak Iblis, sehingga pemerintah menurunkan pasukan untuk memblokade seluruh jalan keluar. Operasi bernama “Penguncian Tokyo” Sr-024(Tokyo Lockdown) membuat seluruh Iblis bahkan manusia tidak ada yang bisa keluar; listrik mati, persediaan makanan menipis, serta yang paling buruk—— Iblis berkeliaran di mana-mana memburu manusia! Tak ada cara selain mengikuti petunjuk Laplace Mail untuk mencegah kejadian-kejadian buruk, memakai COMP modifikasi dan bertarung bersama-sama Iblis yang di-kontrak, agar bisa bertahan hidup! Jika dalam 7 hari Hero dkk tidak menemukan jalan keluar atau menghentikan sumber pemunculan Iblis, semua akan berakhir…!!!

Mari Bertahan Hidup

Demon Summoning Program Activated!Devil Survivor memakai sistem Strategi RPG seperti Final Fantasy Tactics, Hoshigami, dan Disgaea.; di mana setiap karakter berjalan dalam pola kotak-kotak yang isometris. Semua pertempuran akan memakai sistem Misi; di mana kondisi tertentu harus dipenuhi agar bisa menang. Pertama-tama akan diberikan kondisi Menang (Victory) juga Kalah (Defeat) sebelum pertempuran dimulai; bisa mengalahkan semua musuh atau lari untuk menang, juga melindungi penduduk serta teman-teman sesama Demon Tamer, serta banyak lagi kondisi lainnya. Tidak jarang juga disertai syarat (Requirement) seperti harus menurunkan karakter tertentu. Setiap karakter manusia Demon Tamer akan ditemani maksimal 2 Demon dalam 1 tim, lalu masing-masing ditempatkan (Position) dalam lokasi yang ditentukan di Missionmedan pertempuran. Setelah siap, pertempuran dimulai dengan sistem giliran (Mission Start!). Tim yang tercepat akan jalan duluan; bisa pilih Move (Bergerak) untuk mendekati musuh, lalu pemain juga bisa memakai kemampuan khusus yang dimiliki oleh Demon masing-masing dan diri sendiri; entah untuk memulihkan HP, membatasi gerakan lawan, menaikkan kekuatan, dll.  Setelah jarak dekat, pemain bisa menyerang musuh dengan Attack. Saat Attack (entah oleh pemain atau musuh) pertarungan antar tim dimulai; masing-masing memilih Skill yang dimilki untuk menyerang, menyembuhkan, atau bertahan. Seperti seri SMT sebelumnya, di sini pemain bisa menyerang kelemahan musuh (Fisik, Api, Es, Listrik, Angin, atau Keisuke Team - BattleMistik) untuk mendapat giliran tambahan (Extra Turn). Dari pilihan skill yang terbatas (3 Command, 3 Passive, 1 Auto), pertarungan akan berlangsung selama 1 giliran + Extra Turn dari setiap anggota. Begitu pemimpin tim (di tengah) kalah, maka tim tersebut langsung K.O. walaupun anggotanya masih tersisa. Memang cepat, tapi kamu hanya akan mendapat ½ EXP. Pertarungan terus berlanjut sampai semua tim musuh kalah, atau apapun sesuai syarat misi yang ada.

Level UpDari musuh yang dikalahkan, anggota tim akan mendapat Experience Point (EXP), yang bisa  membuat naik Level. Setiap naik Level, HP/MP serta salah 1 status dari St, Ma, Vi, dan Ag akan meningkat (pemain seri SMT pasti sudah hafal). Khusus Hero, pemain bisa mengatur sendiri bagaimana statusnya akan berkembang. Karakter Demon akan mendapat skill baru (sesuai jenisnya) saat naik Level, tapi bagaimana dengan karakter manusia? Bagi karakter manusia (Hero, Atsuro, Yuzu, dll), cara mendapat skill adalah dengan melakukan CRACK! Pemain memilih karakter manusia yang ingin melalukan Crack, lalu memilih skill yang ingin di-Crack dari musuh tertentu. Saat pertarungan, jika tim karakter 954869_20090625_screen004manusia yang dipilih tadi mengalahkan musuh yang dipilih untuk di-Crack skill-nya, maka skill tersebut kamu dapatkan! Setiap skill yang berhasil di-Crack akan tersedia di Skill Folder, bisa dipasangkan sebelum pertarungan asalkan status mencukupi. Ngomong-ngomong, hanya karakter manusia yang bisa begini! Demon memilki skill khusus sesuai ras (Racial Skill), sebagai pengganti Auto Skill yang hanya bisa dipakai manusia. Ada 20 ras Demon di sini: Fairy, Wilder, Touki, Beast, Deity, Divine, Megami, Femme, Jaki, Avian, 954869_20090527_screen010Avatar, Genma, Vile, Kishin, Tyrant, Element, dll sampai Mitama. Masing-masing punya Racial Skill yang efeknya bervariasi; misalnya Devil Speed yang membuat Move menjadi 7, Aggravate yang membuat serangan fisik jadi 100% Critical, Bind yang membatasi gerakan musuh, Flight (terbang) yang memungkinkan bergerak melewati penghalang, Blood Wine yang mengubah HP menjadi MP, Awakening yang memperkuat magic 1.5 kali, dan masih banyak lagi kemampuan menakjubkan dari setiap jenis Demon.

Selain EXP, pemain juga mendapat Macca (satuan uang) yang bisa digunakanHaru - Street Concert untuk membeli Demon  baru. …YAP, di sini pemain diwajibkan memperbanyak dan memperkuat anggota tim dengan membeli Demon baru di Lelang Iblis (Devil Auction)! Seperti lelang pada umumnya, pemain akan memilih akan membeli Demon yang mana, lalu mulai menawar. Dalam setiap lelang, pemain harus menawar tertinggi dibanding 3 penawar lainnya agar bisa mendapatkan Demon baru dengan harga lebih murah. Bila menang, pemain akan mendapat Demon yang dimaksud dan meraih popularitas (Rating). Pemain yang tidak pandai menawar pun tidak perlu khawatir, karena bisa membeli langsung tanpa lelang (tapi harganya lebih mahal). Dari sekian banyak variasi Demon  dengan status, skill, dan jenis berbeda, pemain bisa terus memenangkan lelang untuk mengumpulkan Rating supaya bisa mengikuti lelang dengan level lebih tinggi dan Demon yang lebih kuat. Seperti COMP Menudi dunia nyata… Terkadang ada penipuan di lelang; entah bohong soal skill yang dimilki, atau malah dikasih Demon yang berbeda, jadi selalu waspada! Seiring waktu, Naoya akan menginstall fitur-fitur baru di COMP (selain Devil Auction) milik Hero dkk agar bisa bertahan dalam Tokyo Lockdown ini. Mulai mengatur Demon yang kamu beli tadi serta memasang skill di menu Team, menggabungkan Demon-Demon yang kamu miliki menjadi lebih kuat lewat menu Fusion, melihat data orang lain yang sudah ditemui lewat Profile, membaca ulang E-Mail dengan Mail, dan tentunya mengatur sistem permainan lewat Config serta menyimpan permainan dengan Save.

Seiring cerita, kamu akan mengunjungi banyak tempat yang berada di area 954869_20090625_screen003Yamanote Circle. Dari distrik seperti Shibuya, Ikebukuro, Aoyama, Shinjuku, Omotesando, Miyashita, Kudanshita, Ebisu, Roppongi, Akasaka, Fukugawa, dan tentu saja Tokyo. Pemain akan bertemu banyak orang yang sama-sama bertahan di setiap tempat, untuk berbagi informasi mengenai tindakan pemerintah, keadaan kota, atau petunjuk jalan keluar sambil memperhatikan waktu. Di setiap daerah, pemain bisa menemui orang tertentu yang juga memegang peranan penting dalam cerita seperti Keisuke, Kaido, Mari, Honda, dan Amane. Kegiatan-kegiatan yang diberi tanda jam akan menghabiskan waktu 30 menit, sementara kegiatan lain seperti Free Battle (untuk meningkatkan Level, tidak berhubungan dengan Devil Survivor Buddiescerita) tidak menghabiskan waktu. Dengan berbicara pada mereka, selain mendapat informasi pemain juga bisa memperdalam hubungan antara Hero dan karakter lain (seperti S. Link di Persona 3). Jam di sudut kanan layar harus diperhatikan, karena pemain harus sudah mempersiapkan segala sesuatunya sebelum waktu yang ditentukan dalam Laplace Mail tiba. Segala kejadian Kaido - Looking for Kudlakyang diramalkan di Laplace Mail bisa dicegah, asalkan kamu ada di tempat yang dimaksud tepat waktu! Sebagai Hero, pilihan yang akan kamu ambil sangat banyak; mulai dari hal remeh dan konyol sampai yang sangat serius sekali. Segala pilihan itu selain mempengaruhi hubungan antar karakter, juga menentukan jalur yang kamu pilih! Kamu akan menemukan banyak variasi rute cerita, hubungan karakter, dan tentu pertempuran-pertempuran yang berbeda. Berdasarkan semua itu, bisa tidaknya kamu menolong karakter lain yang dalam masalah akan menjadi buktinya! Anggota tim, kombinasi Demon, serta Ending yang akan kamu dapatkan juga dipengaruhi pilihan-pilihan tadi!

Bertemu KeisukeSetiap orang yang memiliki COMP modif bisa melihat Jam Kematian (Death Clock) di atas kepala, tanda berapa hari lagi yang dimiliki seseorang untuk hidup. Bukan hanya penduduk sipil, banyak sekali orang yang juga memiliki COMP modif dan menjadi Penjinak Iblis seperti Hero dkk. Sayangnya kebanyakan hanya menginginkan kesenangan sendiri, sehingga mereka menggunakan kekuatan itu untuk memeras makanan atau uang orang lain. Seringkali semua berkelahi satu sama lain demi masalah sepele; bahkan tak terbatas warga sipil, tapi polisi juga!! Sekejap, daerah-daerah dalam Yamanote Circle menjadi tempat pertikaian dengan hukum rimba: yang lemah dimakan yang kuat. Penduduk panik, putus asa, kelaparan, gelap mata, moral tak lagi dihiraukan. Ada yang ingin berjuang melindungi semuanya, tapi orang lain tidak mau mengerti. Seorang ayah yang terjebak dalam situasi ini tidak bisa menemui putranya yang sakit… Ada pula yang sanak saudaranya menjadi korban, sehingga ingin balas dendam. Pasukan Izuna - Akasaka TunnelPertahanan Khusus (SDF) pun tetap harus menjalankan tugas; walau mereka merasa berat tidak boleh membiarkan seorang pun keluar. Ada yang berusaha hidup, walau ada juga yang ingin mati saja. Terhitung pula kelompok religius Shomonkai yang memandang penguncian 7 hari ini sebagai ujian Tuhan (karena Tuhan juga menciptakan dunia dalam 7 hari) dan menjanjikan solusi… Bahkan sekelompok Iblis kelas Bel menggelar kompetisi untuk menjadi Raja di tengah kekacauan ini! Siapa yang benar? Siapa yang salah? Apakah benar-benar ada jalan keluar? Bisakah Hero dan teman-temannya mengembalikan keadaan seperti sedia kala? Apa sekedar bertahan hidup selama 7 hari pun mungkin dilakukan; dengan aturan rusak, orang-orang saling menyalahkan seperti binatang, dan Iblis merajarela di setiap sudut!? Lupakan hidup sehari-hari yang damai dan hadapilah takdirmu!

Nilai:

Grafis              : 80      B++

Suara              : 75      B++

Permainan     : 90      A+

Fitur                 : 75      B++

Cerita             : 85      A+

Keseluruhan  : 81      A

E (0-20)                       : Parah

D (21-40)         : Buruk

C (41-60)        : Kurang

B (61-80)         : Lumayan

A (81-99)         : Bagus

S (100)             : Sempurna!

Survive the 7 days of lockdown