Game – Saran, Tips, Rahasia yang tidak biasa Ver. 3

Subarashiki Kono SekaiHoras bah, gamerz… Masih main game, nonton film, dan sehat? Sebaiknya ya, karena dunia semakin keras (mungkin). Ada request mengenai review atau tips game tertentu? Cukup tulis di comment kalian! Menyatu dengan game… 87%… 99%…. …Sudah? Kita mulai!!

*: didapat dari pengalaman saya sendiri selama bermain

$: didapat dari berbagai sumber lain (teman, majalah, guide)

*$: pengalaman saya sendiri selama bermain ditambah sumber lain

Devil Summoner

*Nakisawame? NO!

Di setiap Dark Realm (Dark Tsukudo-Cho, Dark Ginza-Cho, Dark Harumi-Cho,Nakisawame dll), kamu pasti melihat bola air biru (kelihatannya) yang bernama Nakiwasame. Dia akan menyembuhkan HP/MP seluruh party-mu kalau kamu membayar sejumlah uang, tapi JANGAN PERNAH MAU! Bukannya aku pelit atau dia mau menjebakmu, tapi harga yang dia tawarkan sangat mahal: 5000 Yen, 10000 Yen, dll. Walau menyembuhkan total seluruh party-mu, tapi jauh lebih murah bila kamu ke Gouma-den dan minta disembuhkan oleh Victor. Singkat kata, minta disembuhkan Nakiwasame hampir sama dengan memberi dompetmu pada pencopet. Kalau kamu menolak dia akan bilang, “*sob* So, you will die too…” (“*hik* Jadi, kamu juga akan mati…”). Cuekkin saja, kamu kan bukan milyuner.

Soda JointSupaya tidak terpaksa membayar Nakiwasame, bawalah selalu setidaknya 1 demon yang punya skill DIa atau Diarama. Dengan minta disembuhkan oleh demon-mu sendiri, akan jauh lebih hemat dan bebas. Bila tidak punya demon seperti itu, kembalilah ke Tsukudo-cho dan pergi ke Gouma-den untuk disembuhkan Victor. Tidak usah takut untuk berlatih dulu dan bolak-balik antara dungeon, hitung-hitung memaksimalkan Loyalti demon-mu untuk digabungkan di Gouma-den. Pastikan menjaga isi dompetmu untuk membeli Medicine, Ox Bezoar, Antidote, Anti-Stone, Anti-Mute, Clip (untuk pistol), dll yang lebih penting!

*Krisis Moneter di zaman Taisho!

Selama Episode 4 “The Case of Missing Shipments”, harga barang-barang di Konnou-Ya akan menjadi 2x lipat (aduh). Bila kamu belum beli Fire Clip dan Ice Clip (10000 Yen masing-masing), jangan beli dulu karena di episode 4 ini harganya jadi 20000 Yen masing-masing. Sebisa mungkin hemat item-mu dan jangan beli bila tidak benar-benar butuh. Tunggulah sampai episode ini selesai, lalu baru beli sepuasnya di Episode 5.

*Tusuk!!!Raidou Status

Serangan pedang Raidou yang terkuat dan paling efektif adalah tusukan (tombol analog ke suatu arah + kotak)! Tusukan selain cepat dan kuat, lebih efektif memberikan damage daripada combo pedang biasa (kotak 3x) atau tebasan berputar (tahan kotak). Saat memukul kelemahan musuh, gunakan tusukan pedang untuk memberi CRITICAL hit dengan damage besar. Pakai combo biasa juga bisa, tapi itu memakan waktu dan musuh bisa sudah pulih kembali. Gunakan sesering mungkin, terutama untuk melawan 1 musuh (Boss misalnya)!

The World Ends with You

*$Makanan Kesukaan

Setiap karakter punya makanan serta minuman favorit sendiri-sendiri; bila Chibi_Neku_and_Shiki_by_Hyueimakan/minum makanan/minuman kesukaannya, Synch-Rate yang didapat dari makanan/minuman itu akan menjadi 1.5 atau 2x lipat dan akan jadi 1/2 bila itu makanan/minuman yang tidak mereka suka. Setiap kali kamu men-drag makanan/minuman ke seorang karakter, dia akan berkomentar sebagai tanda bahwa dia suka makanan/minuman itu, biasa saja, atau tidak. Berikut kata-kata mereka secara acak saat makan/minum sesuatu, juga makanan/minumannya. Mungkin daftar ini tidak lengkap, jadi cobalah temukan lebih banyak lagi dengan memakai daftar ini sebagai petunjuk! Jangan lupa untuk mulai dengan makanan yang bytesnya tinggi (di atas 6), agar tidak menyia-nyiakan hari! Pengaturan pola makan Neku dan lainnya sangat vital untuk menjadi lebih kuat!! Kayak program olah raga dan makan teratur gitu… ^_^

[Neku Sakuraba]

>Suka

– “That’s good.”

– “Not bad.”

+ Shoyu Ramen, Shio Ramen, Nuggets, Coffe, Corn Chowder, Pumpkin Soup, Pancakes, The “Tatsumi” Burger,

>Biasa

– “It’s edible.”

>Tidak suka

– “Ugh, nasty.”

– “Gross!”

+ Shadow Steak Ramen

[Shiki Misaki]TWE Battle 3

>Suka

– “Oh, yummy!”

– “It’s delicious!”

+ Salad, Miso Ramen, Mystic Ramen, Donuts, The “Tatsumi” Burger, Corn Chowder, Pumpkin Soup.

>Biasa

– – “Food’s food.”

>Tidak suka

– “Eeew.”

– “You finish it.”

+ Cordyceps, Coffe, Bouillabaisse, BRAVE+

[Yoshiya Kiryu] (Joshua)

>SukaI'm Joshua

-“Compliments to the chef.”

-“Mmm… I’m in paradise.”

+Shio Ramen, House Blend, Cordyceps

>Biasa

-“Whatever doesn’t kill me.”

-“It’ll have to do.”

>Tidak suka

-“No, thank you.”

+ ???

[Daisukenojo Bito] (Beat)TWE Battle 4

>Suka

– “This is great.”

– “It’s a party in my mouth!”

+ French Fries, Instant-Noodles

>Biasa

– “That hit the spot.”

+ Muffin Set

>Tidak suka

– (empty)

+ (empty) coming soon…

*Brave!

Di permulaan permainan (saat Shiki menjadi partnermu), prioritaskan untukGS_twewy06 meningkatkan Keberanian (Bravery) dari Neku dengan berbagai makanan (Ice Cream, dll). Bravery sangat penting supaya kamu bisa memakai berbagai pakaian dengan ATK/DEF yang tinggi. Biasanya semakin tinggi ATK/DEF dari suatu baju, celana, atau aksesoris, makin tinggi pula Bravery yang dibutuhkan untuk memakainya. Brevery Shiki awalnya 115, tapi Neku hanya 45! Pastikan terus menambah Bravery sebelum kamu mencapai minggu ke-2 dari permainan! Jangan takut untuk berhenti main karena bytes kamu tinggal 6, lanjutkan saja besok harinya!

*PP Shutdown

Setelah mendapatkan stiker “Shutdown”, setiap kali kamu tidak memainkan game ini, pin yang kamu pasang di deck akan mendapat PP! Jumlah yang didapat tergantung seberapa lama kamu tidak main, tapi bagaimana perhitungannya? Ini dia!

Hari 1: 6 PP/jam. 6 PP x24 jam= total 144 PP

Hari 2: 3 PP/jam. 3 PP x24 jam= total 72 PP

Hari 3: 1.5 PP/jam. 1.5 PP x24 jam= total 36 PP

Hari 4: 0.75 PP/jam. 0.75 PP x24 jam= total 18 PP

Hari 5: 0.375 PP/jam. 0.375 PP x24 jam= total 9 PP

Hari 6: 0.375 PP/jam. 0.375 PP x24 jam= total 9 PP

Hari 7: 0.375 PP/jam. 0.375 PP x24 jam= total 9 PP

Jumlah yang kamu dapat setiap harinya akan makin sedikit, dan bila sudah lebih dari 7 hari, perhitungannya berhenti. Perhatikan waktunya dengan baik untuk mendapat hasil maksimal!

*Time Limit???

Saat kamu menerima suatu misi yang ada batas waktunya (60 menit, dll), jam di kanan atas layar memang sesuai dengan waktu sebenarnya (yang kamu set di DS kamu), tapi tidak usah takut. Biarpun kamu berkeliling ke sana kemari dan melawan Noise sebanyak apapun, ‘batas waktu’ dalam misi tidak akan berjalan. Walau kamu mematikan DS di tengah misi pun tidak apa-apa, jadi jangan khawatir!

*Buka setiap dinding yang ada!

Pasti kamu tahu bahwa setiap hari dalam permainan, banyak dinding yang dijaga oleh Reaper. Dinding tersebut akan terbuka bila kamu memenuhi syarat yang diberikan oleh Reaper penjaganya. Bila berhasil, selain memberi kamu akses ke tempat baru, kamu juga akan mendapat hadiah tertentu; bisa stiker, buku, makanan, bahkan pin. Karena itu pastikan kamu membuka setiap dinding yang bisa dibuka, setiap harinya agar tidak melewatkan satu hadiah pun! Ingat bahwa di hari yang berbeda, dinding yang sudah kamu buka mungkin ditutup lagi. Walau merepotkan, tetaplah buka dinding yang bisa dibuka. Karena selain hadiah tadi, toko-toko yang ada di balik dinding biasanya menjual barang baru!

*Persentase Mendapatkan Pin!

Setiap mengalahkan musuh, kamu bisa mendapat pin. Kemungkinan kamu WEWY__Neku___Shiki_pins_by_Risachantagmendapat pin ()Drop Rate) tergantung sebarapa jauh kamu menurunkan level; pastikan kamu menurunkan levelmu sejauh yang kamu bisa, agar selalu mendapat pin, terutama yang langka dari para boss. Menurunkan level hanya menurunkan jumlah HP, bukan ATK atau DEF. Sebagai saran:

Saat Level 1-10: turunkan Levelmu 2-3 saja.

Saat Level 11-20: turunkan Levelmu 4-6 saja.

Saat Level 21-30: turunkan Levelmu 7-10 saja.

Saat Level 31-45: turunkan Levelmu 11-16 saja.

Saat Level 46-60: turunkan Levelmu 17-20 saja.

Saat Level 61-75: turunkan Levelmu 21-25!

Di atas Level 75: turunkan level sampai 30 juga boleh!

Item_411Selama punya ATK/DEF yang cukup, jangan takut untuk menurunkan levelmu gila-gilaan! Tapi jangan terlalu gila juga (misalnya di atas 60 O_o), atau kamu akan Game Over terus. Begitu levelmu sudah tinggi (di atas 10) selalu pasang levelmu lebih rendah dari level maksimalmu, sesuai petunjuk di atas. Kalau kamu hanya main aman dengan level penuh melulu, kamu tidak akan pernah dapat pin yang kuat!

*Warna Pin

Game ini punya 4 tingkat kesulitan (Difficulty), semakin tinggi, semakin hebat Yoshiya -Joshua- Kiryupula musuhnya, tapi kamu juga akan mendapat EXP yang lebih banyak dan pin lebih langka! Usahakan selalu memasang Difficulty tersulit yang kamu punya, agar bisa naik level dengan cepat! Tapi ketahuilah bahwa pin yang kamu dapat akan berbeda bila Difficulty-nya beda, walau musuhnya sama. Di Noise Report (akan kamu dapat dari Rhyme nanti), ditunjukkan persentase setiap musuh menjatuhkan pin sesuai levelmu yang diturunkan, di 4 tingkat kesulitan. Patut diperhatikan; bila kamu memasang Difficulty Hard (misalnya) tapi persentase musuh menjatuhkan pin di Hard hanya 69% sementara di Normal 100%, ada kemungkinan kamu akan mendapat pin dari Difficulty Normal walau kamu memasang Difficulty Hard. Untuk lebih mudah mengetahuinya, bedakan pin yang kamu dapat dari musuh dengan melihat warnanya (sebelum BLING!). Perhatikan skema warna berikut:

Ultimate: Merah (dan besar!)

Hard: Emas

Normal: Biru

Easy: Coklat (dan kecil…)

*Puck-Heal

Pastikan selalu memasang 1 pin untuk menyembuhkan HP (Croic Leisure, Neku_and_Shiki_by_c2lanPeace Full, dll), terutama saat melawan boss. Karena selain serangan Fusion, hanya pin dengan tipe Cure Drink tersebutlah yang bisa memulihkan HP-mu dalam pertarungan. Namun setiap pin ini kegunaannya terbatas, hanya 3-6 kali saja. Lantas bagaimana kalau sekali heal hanya 30% sampai 50 % HP saja? Ada trik khusus agar kamu bisa menyembuhkan diri berkali-kali lebih banyak hanya dengan memakai pin tersebut 1x saja!

Tahu “Light Puck” kan? Itu, sinar hijau yang dioper dari Neku ke partnernya atau sebaliknya. Saat mendapat Light Puck itu, serangan Neku atau partnernya akan berlipat ganda (x2 sampai x4). Setelah menyerang sekali (untuk Neku), Light Puck akan pindah ke partnernya. Juga setalh partner Neku melakukan combo (gambar kartu di ujung panel), Light Puck akan berpindah lagi pada neku, dst. Kalau digunakan dengan pin yang kuat, akan sangat mematikan! Tapi bukan hanya pin menyerang saja, tapi pin yang menyembuhkan (tipe “Cure Drink” seperti di atas) juga!

Triknya seperti ini; saat HP kritis, pindahkan Light Puck dari partner Neku ke Neku. Pastikan sebelum menerima Light Puck, Neku sudah menghindar ke tempat aman yang tidak tersentuh musuh! Lalu setelah Neku menerimanya, gunakan pin penyembuh tersebut! (Ingat, langsung pakai, karena bila kamu menyerang, Light Puck-nya akan pindah lagi -_-) Jumlah HP yang dipulihkan pun akan berlipat-lipat! Dengan cara ini, kamu bisa memasang pin penyembuh yang jumlah pemakaiannya banyak (misal: Monkey Leisure, memulihkan 30% Hp, batas pemakan maksimal 6), tanpa takut akan pemulihannya yang hanya sedikit! Dengan Monkey Leisure, bila HP-mu 4000, maka HP yang dipulihkan 1200 (4000×30%). Tapi dengan cara memakai Light Puck tadi, jumlah HP yang dipulihkan bisa jadi sbb: (30% x 2.5) x 4000= 75% x 4000= 3000 HP!!! Jangan tergiur untuk memakai pin yang pemulihannya 50% atau 70% HP, karena batas penggunaannya hanya sampai 2-4 kali saja. Dengan trik ini, kamu bisa menyembuhkan dirimu sampai penuh sebanyak 6 kali! (Sangat berguna untuk Chain Battle di Shibuya River) ^_^

*Hemat Scarletite!!

Kamu pasti mendapat banyak Scarletite sepanjang cerita, pin ini sangat penting untuk membeli banyak stiker yang meningkatkan kemampuan Neku, Shiki, Joshua, dan Beat. Akan tetapi jumlahnya terbatas, jadi utamakan membeli stiker yang penting saja! Stiker yang penting tersebut antara lain:

  1. Item_377Extra Slot (khusus Neku, total ada 4). Saat mulai permainan, Neku hanya bisa memakai 2 pin saja. Stiker ini berguna membuat Neku bisa memakai 1 pin lagi, setiap satu stiker ini yang kamu punya. Kamu akan mendapat gratis 1 stiker ini, tapi 3 stiker lagi harus dibeli dengan Scarletite! Stiker ini mutlak kamu perlukan, karena hanya dengan stiker ini kamu bisa membuat Neku menyerang, menyembuhkan, dll secara beragam. Semakin banyak pin yang bisa kamu pasang, Neku akan semakin tangguh dalam pertarungan.
  2. Item_385Item_393Item_401Fusion Boost (untuk Shiki, Joshua, dan Beat, masing-masing 3 buah). Dengan membeli stiker ini, Level Fusion Shiki, Joshua, dan Beat akan meningkat (sampai Level 3)! Memang kamu perlu banyak mengumpulkan Fusion Star saat bertarung untuk memakainya, tapi semakin tinggi Levelnya, musuh akan terluka lebih parah dan HP-mu makin banyak pulihnya! Utamakan dahulu membeli stiker ini (bila tidak ada Extra Slot) kalau melihatnya di toko!
  3. Item_413Item_412Item_409Ultimate Mode, Hollow Leg, Chain 16 (SPESIAL!). Stiker-stiker ini memiliki efek luar biasa yang sangat membantumu (terutama Hollow Leg, mainin sendiri deh… ^_^). Patut diingat, stiker-stiker ini hanya muncul setelah kamu menamatkan game. Jadi usai menamatkan game bila masih ada Scarletite yang tersisa setelah kamu banyak membeli Extra Slot dan Fusion Boost, utamakan beli ini dulu.

Sebaliknya, ada stiker-stiker lain yang SEBISA MUNGKIN JANGAN BELI DULU; karena selain tidak terlalu berguna, akan membuatmu kehabisan Scarletite.

  1. Item_387Item_395Item_403ATK Boost dan Defense Boost (untuk Shiki, Joshua, dan Beat, masing-masing 9). Stiker ini meningkat ATK dan DEF Item_388Item_396Item_404karaktermu 1 poin untuk setiap stikernya. Jangan beli ini, karena hanya meningkatkan ATK/DEF-mu 1 POIN SAJA! Jujur saja, TIDAK BERARTI SAAT MELAWAN BOSS!! Selain itu 7 dari setiap stiker ini akan kamu dapatkan sesuai jalan cerita, jadi nggak usah repot-repot beli di toko. Kalau ingin meningkatkan ATK/DEF, tingkatkan Brave dan pakailah beragam pakaian serta aksesoris yang ATK/DEF-nya tinggi.
  2. Item_378Item_379Safe Landing dan Air Bonus (Neku). Walau efeknya terlihat sangat berguna, kamu akan baik-baik saja tanpa stiker ini. Sampai tamat pun saya tidak membeli stiker ini, suwer ^_^

*Menjadi Kuat lewat Menu Sehat

Untuk meningkatkan status, kamu harus makan makanan yang tepat secara teratur. Fokuskan dulu pada 1 saja status yang kamu butuhkan, baru yang lainnya (HP, ATK/DEF). Berikut daftar makanan yang harus didahulukan sesuai statusnya; no. 1 adalah saat bytes-mu masih penuh (24) atau masih banyak, no. 2 adalah saat bytesmu tinggal 8 atau 6. Sebisa mungkin, sesuaikan dengan selera masing-masing karakter. Juga, jangan pernah mengonsumsi makanan no. 2 lebih dulu!! Nomor setelah tanda / adalah jumlah bytes-nya, sedangkan nama dalam kurung () adalah karakter yang paling cocok memakannya.

HP:

1. The “Tatsumi” Burger/14

2. Hamburger/8, Shoyu Ramen/8, Coffe/6, House Blend/6, Nuggets/6 (Neku)

ATK:

1. Viper Drink/14

2. Hotdog/8

DEF:

1. Mystic Ramen/14

2. French Fries/8 (Beat)

BRAVE:

1. Cordyceps/16, Pancakes/8, Crepes’/8

2. Pumpkin Soup/6, BRAVE+/3

Trik Khusus Buat WordPress! Cara Mengubah Gravatar!

Bagi kalian yang punya account di wordpress, pasti tahu soal Gravatar.

Itu lho, gambar kotak kecil sebagai lambang diri kita pas mau nge-comment atau semacamnya.

Pasti kalian bosan dengan gambar GRavatar yang cuma warna biru atau merah, kan? Ada cara untuk mengubahnya jadi gambar yang kamu suka! Gini:

1. Buka account wordpress kamu (login).

2. Buka menu User-Your Profile.

3. Pada gambar GRavatar di kanan layar, klik “Change GRavatar”.

4. Pilih “Browse Picture from computer”, lalu pilih gambar yang kamu mau (ukuran bebas).

5. Atur cropping (pemotongan) gambar kalian. Atur bagian mana dari gambar itu yang mau kamu buat sebagai GRavatar kamu (misal: wajahnya saja, tangan, kaki, dll).

6. Klik “Crop and Finish!”, lalu tunggu beberapa menit, maka Gravatar-mu sudah berubah! Untuk emua comment lama dan baru, GRavatar-mu akan diganti dengan pilihanmu tadi! Enjoy!

Paham? Sekarang ber-GAYA-lah sesukamu! Ingat, “Style is survival!”

Style!