The World Ends with You - box-usfrontThe World Ends with You

[It’s a Wonderful World]

Pengembang   : Square-Enix, Jupiter Co.

Penerbit          : Square-Enix

Genre              : RPG-Aksi

Sistem             : Nintendo DS

Pemain            : 1 orang

Ukuran Game  : 128 Mb

Rating              : Remaja

Tahun              : 2008

Karena Review kali sangat panjang, gunakan link dari Daftar Isi berikut ini untuk memudahkan membacanya. Santai dan pelan-pelan saja, karena setiap baris detilnya sangat penting. Selamat menikmati, gamers!

Daftar Isi

1. Most stylish NDS Game! P.S. Link belum bekerja, maaf -_-

2. Shibuya?

3. Dual-Screen Battle!

4. Bergaya=HARUS!

5. Atur lewat handphone!

6. Reapers=Losers

7. Akhirnya…

Most Stylish NDS Game Ever!

Jupiter Co. yang pernah berjasa dalam pembuatan game Kingdom Hearts Chain of Memories (GBA) sepertinya sudah dipercaya oleh Square-Enix untuk menjadi partner, terutama dalam pembuatan game handheld seperti Game Boy Advance dulu, dan Nintendo DS untuk sekarang. Terbukti kerja sama Square-Enix dan Jupiter Co. dalam membuat game sangat memuaskan, mampu menciptakan game dengan sistem unik yang terus membekas di hati gamer. Sekali lagi tim kompak Square-Enix & Jupiter Co. unjuk gigi bersama membuat game bersistem super unik, trendi, dan sangat seru di tahun 2007-2008! Maka hadirlah game “The World Ends with You” (atau “It’s a Wonderful World” di versi Jepang), sebuah game NDS paling bergaya yang pernah ada (menurut saya)!! Game ini mengambil latar tempat di Shibuya (Jepang), tempat terkenal di mana anak muda bergaul dan bergaya semaksimal mungkin sesuai trend masa kini.

Kamu Pernah ke Shibuya?

Seorang bocah laki-laki bernama Neku Sakuraba terbangun di tengah-Neku arrivetengah jalanan Shibuya; di depan layar pengumuman besar Outback Cafe bertuliskan [BATAS WAKTU 7 HARI], tanpa tahu bagaimana dia bisa ada di sana. Di tangannya terdapat pin bergambar tengkorak; begitu Neku memutarnya, dia bisa mendengar pikiran setiap orang yang ada di sekitarnya! Belum cukup bingung, ada sesosok monster bertato yang menyerang Neku. Karena tak bisa melawan dengan cara apapun, Neku berusaha lari ke sana kemari. Saat terpojok, muncul gadis rambut merah bertopi yang juga dikejar monster sejenis, berkata, “Buatlah Perjanjian denganku!” Tentu saja Neku menolak hal yang tidak jelas seperti itu; tapi saat gadis itu berkata bahwa untuk melawan para monster itu tidak ada cara lain, Neku setuju (berat hati). Apa yang terjadi? Neku bisa mengeluarkan bara api serta tebasan pedang dari pin yang dipakainya, dan gadis itu mampu mengendalikan boneka miliknya untuk menyerang para monster tersebut!

I'm ShikiSetelah aman, gadis itu mengenalkan diri sebagai Shiki Misaki. Walau perjanjiannya agak terburu-  buru, Shiki berharap bisa bekerja sama dengan baik bersama Neku sebagai partner dalam 7 hari ke depan, untuk menyelesaikan misi-misi dari Reaper. …Kerja sama? Partner? 7 hari? Misi dari Reaper? Apa-apaan semua itu!? Lantas Shiki kaget karena Neku tidak tahu apa-apa, dan menjelaskan semuanya. Neku, Shiki, dan semua yang lain sekarang berada di Shibuya UG (Under-Ground), tempat yang sama tapi terpisah dari dunia nyata yaitu Shibuya RG (Real-Ground). Mereka adalah para Pemain dari Permainan Reaper, yang digelar oleh para manusia bersayap hitam yang disebut Reaper. Setiap permainan digelar selama seminggu (7 hari); dalam setiap hari para Reaper akan memberi misi yang harus diselesaikan para pemain agar tetap hidup, bila gagal mereka akan dihapus atau… mati. Syarat agar bisa memilki kekuatan untuk melawan para musuh dan rintangan adalah membuat perjanjian dengan seseorang. Sepasang pemain hanya memilki kekuatan saat bersama, karenanya mereka harus menjadi partner yang baik selama 7 hari agar bisa menjalankan misi dengan lancar.

Neku sangat sebal. Satu, dia terjebak dalam permainan konyol. Dua,dia We're Beat n Rhymeharus menjalankan berbagai  misi tak masuk akal. Tiga (yang PALING dibenci), dia harus tahan selalu bersama-sama Shiki selama 7 HARI! Kekesalan Neku memuncak saat sepasang pemain lain yaitu Beat & Rhyme mau ikut dengan dia dan Shiki sebagai teman… Ugh! Neku marah; Neku selama hidupnya tidak suka berteman, bergaul, atau sekedar bersama orang lain. Bagi Neku orang lain berisik, tidak bisa diandalkan, dan hanya mengganggu, sehingga dia hanya peduli pada diri sendiri. Berkali-kali Neku ingin jalan sendiri saja dan meninggalkan Shiki sendirian; namun dia berusaha tahan hanya demi bertahan hidup, bukan karena dia menerima orang lain. Semua itulah yang dipikirkan Neku; sampai dia mengetahui bahwa semua Pemain di Reaper’s Game ini termasuk Neku dkk, sudah mati! Siapapun Pemain yang berhasil memenangkan permainan ini akan diberikan [kesempatan kedua] untuk hidup kembali, dan kembali ke dunia nyata atau Shibuya RG. Tambah lagi ‘ongkos’ untuk mengikuti Permainan Reaper adalah HAL YANG PALING BERHARGA! Neku shock; dia bertanya-tanya, bagaimana dia mati? Kenapa pula Neku ikut tanpa mengingatnya? Apa ‘ongkos masuk’ Neku? Bahkan bagaimana bisa seorang bocah misterius yang tidak dikenal Neku, punya ingatan tentang kematian Neku!?? Neku akhirnya membulatkan tekad; untuk lebih menghargai partner-nya, coba memahami orang lain, serta memperluas ‘dunia’-nya demi mendapatkan kembali ingatan, hal berharga, dan nyawa yang telah hilang.

Pertarungan Layar Ganda… Percayalah pada Partner-mu!

Di jalan-jalan Shibuya, Neku beserta para partner-nya akan bertarung dengan Neku-ShikiNoise. Noise adalah monster berbentuk gelombang pikiran yang terlahir dari pikiran-pikiran buruk manusia. Dengan menyentuh pin tengkorak pada sudut kanan layar touch screen, Neku mampu membaca pikiran-pikiran orang yang lewat; entah untuk mendapat informasi, sekedar mengetahui keadaan, dll. Di antara pikiran-pikiran orang yang melayang di udara, ada simbol monster yang merupakan wujud  Noise. Bila disentuh, Neku dan partner-nya akan warp ke zona khusus dan memulai pertarungan. Noise yang akan dilawan berada di kedua layar atas dan bawah, yang bila dikalahkan di salah satu layar, mereka juga akan hilang di layar satunya. Neku ada di layar bawah (touch screen/layar sentuh) dan bisa digerakkan dengan bebas ke segala arah dengan memakai stylus/touch pen. Men-drag Neku secara perlahan akan membuatnya berjalan, sementara bila di-drag cepat akan membuat Neku melakukan dash (lari). Neku bertarung dengan mengaktifkan kekuatan khusus dari setiap pin yang dipakainya, entah untuk menyerang, bertahan, atau menyembuhkan diri.

Kekuatan pin yang disebut psych ini akan aktif jika pemain melakukan TWE Battle-Nekugerakan yang tepat di touch screen dengan memakai stylus. Misalnya untuk mengaktifkan psych dari pin tipe “Pyrokinesis”, pemain harus melakukan drag di tempat kosong dari touch screen. Saat men-drag, dinding-dinding api yang merupakan kekuatan dari pin “Pyrokinesis” itu akan aktif dan melukai musuh! Contoh lain dengan pin tipe “Shockwave”, bila kamu menggores (slash) musuh pada touch screen dengan stylus, Neku akan menebas musuh seperti memakai pedang!! Ada lagi dengan pin tipe “Burst Rounds”, bila kamu menyentuh bagian layar yang kosong dengan stylus berkali-kali, Neku akan menembakkan peluru sinar ke arah tersebut!!! Masih banyak tipe psych lain yang bisa kamu aktifkan dengan cara men-drag benda-benda, menyentuh musuh, menggambar lingkaran/garis, menekan layar (press), bahkan meniup microphone!! Pin yang dipakai dalam pertarungan memilki batas pemakaian; jika sudah habis pemain harus menunggu pin tersebut mengisi ulang energi (reboot) sebelum bisa memakainya lagi. Ada juga pin yang harus mengumpulkan energi (boot) sebelum mampu digunakan. Setiap pin yang dipakai Neku akan mendapat Poin Pin (PP) yang bila dikumpulkan akan membuat pin tersebut naik level; kekuatannya, waktu boot, serta reboot akan bertambah, bahkan bisa berevolusi   menjadi pin yang sama sekali baru!

Sementara Neku dikendalikan di layar bawah lewat stylus, partner-nya TWE Battle 1 dikendalikan di layar atas dengan tombol arah (atas, bawah, kiri, kanan) atau tombol aksi (Y, X, B, A). Berbeda dengan layar bawah, musuh Noise di layar atas hanya menyerang dari arah kiri dan kanan. Bila musuh ada di kanan, pemain harus menekan tombol arah kanan atau A untuk menyerang. Saat menekan tombol searah musuh tadi, panel-panel bergambar anak panah dengan panel kartu di ujungnya akan muncul. Setiap partner memilki suatu jenis kartu yang dicocokkan dengan kartu yang kamu dapatkan di ujung bagian panel saat menyerang.  Partner yang berbeda, berbeda pula kartunya. Misalnya Shiki memiliki ESP Cards: 3 kartu tertutup akan muncul di atas layar; di balik setiap kartu tersebut masing-masing ada simbol gambar, dengan menekan tombol arah atau aksi maka Shiki akan menyerang musuh dengan boneka kucingnya (Mr. Mew) yang dikendalikan dengan kekuatan Neku-Shiki Fusion LV 2telekinesis! Jika terus menekan tombol di panel sampai tiba di kartu simbol, Shiki akan mampu mengeluarkan serangan penghabisan (finisher) yang kuat. Bila itu sesuai dengan gambar kartu di atas (harus menebak), maka selain serangan penghabisan yang kuat pemain akan mendapat bintang Fusion (Fusion Star‘s). Bila mengumpulkan 4, sebuah pin besar akan muncul di layar bawah. Dengan menyentuhnya, Neku dan Shiki akan melancarkan serangan gabungan (Fusion)!! Serangan Fusion ini selain melukai semua musuh, juga memulihkan sedikit HP (Hit Point) Neku dan Shiki.

Neku-JoshuaBenar, Neku dan partner-nya memilki meteran HP yang terbentang dari layar atas ke layar bawah; bila partner-nya terluka di layar atas, maka HP berkurang dari atas, demikian sebaliknya. Neku dan partner-nya berbagi HP antara 2 layar, jadi bila salah satu K.O. maka yang lain juga (sama seperti para Noise). Intinya pemain akan bertarung dengan mengendalikan 2 karakter di 2 layar sekaligus, di mana kerja sama antara kedua bagian itu sangat penting. Jika pemain cukup ‘menyatukan’ gerakan antara keduanya, sebuah “light puck” yang meningkatkan kekuatan serangan akan muncul. Puck tersebut muncul saat Neku atau partner-nya menyerang musuh dengan baik (tanpa banyak terluka), membuat serangan terhadap Noise tipe Boss (Taboo) terluka lebih banyak. Setelah dipakai oleh Neku, maka akan pindah ke partner-nya di atas, demikian sebaliknya terus-menerus seperti pertandingan beranting. Konsentrasi dalam mengontrol keduanya penting! Tidak usah khawatir kalau bingung mengendalikan 2 karakter di 2 layar sekaligus; jika pemain tidak mengendalikan partner Neku di layar atas, komputer secara otomatis menggantikan. Pemain bisa dengan tenang mengendalikan Neku di layar bawah, sampai terbiasa dengan konsep permainan baru ini.

Akan tetapi bila pemain sudah mahir mengontrol Neku di layar bawah, akan TWE Battle 2lebih baik juga mengendalikan partner di  layar atas. Kenapa? Seperti disebutkan di atas; setiap partner memiliki cara bertarung yang berbeda, berarti jenis kartu yang berbeda pula. Shiki mengendalikan boneka dengan telekinesis, Joshua menekan kombinasi tertentu dari handphone-nya untuk menjatuhkan barang-barang (tiang lampu, sepeda, mesin minuman, mobil!) di atas musuh, dan masih banyak lagi. Bila kamu mengumpulkan Fusion Star sebanyak kelipatan 4 (8, 16) maka Neku dan para partner-nya itu bisa melakukan serangan Fusion yang lebih kuat (Level 2 atau lebih). Misalnya untuk Shiki adalah serangan Mr. Mew raksasa, untuk Joshua serangan meteor, dll. Fusion Star sangat penting untuk serangan Fusion kuat seperti tadi; jika hanya diserahkan pada komputer, akan sulit mendapatkannya. Selain itu setiap partner mempunyai gerakan khusus (menangkis, melompat, menghindar) yang tidak bisa dilakukan oleh komputer. Berlatihlah sampai mahir lalu gabungkan kekuatan Neku dan partner-nya!

Trend, BerGAYA=HARUS, Keramaian… Itulah Shibuya!

Petualangan Neku dan kawan-kawan berlangsung di Shibuya. Berbagai Shoptempat di game ini terutama  yang terkenal diambil sesuai aslinya; seperti persimpangan Scramble Crossing, Patung Hachiko, Gedung 104, Main Store Shibukyu, Dogenzaka, A-East sampai panggung konsernya, Kota Cadoi, AMX, Molco, bahkan Udagawa. Neku dkk mengunjungi setiap sudut Shibuya untuk menjalankan misi dari Reaper, menjalankan tugas tertentu, dan menyelidiki berbagai misteri dari Permainan Reaper. Walau sebagai Pemain Neku dkk tidak terlihat oleh orang lain, di toko-toko tertentu dengan gambar tengkorak Neku dkk bisa masuk dan membeli berbagai macam barang. Topi, baju, celana, sepatu, aksesoris, serta makanan dan minuman, sampai pin baru bisa dibeli dengan sejumlah uang. Uang didapat dengan menjual pin yang dijatuhkan para Noise; entah itu pin yang tidak dipakai/langka/terlalu banyak di stok pemain, atau pin “Uang” yang berkisar mulai dari 1 Yen, 100 Yen, 1000 Yen, 5000 Yen, dst. Toko-toko yang ada, merek-merek, dan harganya sangat bervariasi. Setiap kali membeli barang, meteran persahabatan (Friendship Gauge/FSG) dengan penjaga toko tersebut akan meningkat. Bila pemain berteman baik dengan penjaga toko (dengan membeli banyak barang), selain lebih ramah mereka akan menawarkan produk khusus dari pin, baju, bahan kain yang mahal, sampai kemampuan baju untukmu! …Seperti di dunia nyata saja! Malah bisa ada penjaga toko wanita yang suka padamu… O_O

Memang persis seperti dunia nyata; Shibuya adalah tempat di mana badges-brtrend berganti setiap saat, dan kamu harus mengikuti agar tidak ketinggalan zaman. Memang banyak juga yang tidak peduli, tapi di game ini kamu tidak bisa begitu! Di setiap area Shibuya ada merek tertentu yang sedang populer, biasa saja, atau kuno. Sheep Heavenly, Jupiter of the Monkey,  Natural Puppy, Tigre Punks, D+B, Mus Rattus, Gatito, dsb adalah merek-merek yang mendominasi Shibuya; baik dalam produk baju, topi, celana, sepatu, jaket, tas, bahkan pin! Sesuai tingkat kepopulerannya, merek-merek tersebut akan mempengaruhi kekuatan pin-mu dalam pertarungan! Sebagai contoh di area Scramble Crossing merek peringkat 1 adalah Natural Puppy, maka saat pertarungan, pin merek Natural Puppy yang kamu pakai akan jadi lebih kuat! Tapi andaikan pin yang kamu pakai berasal dari merek yang sedang tidak terkenal (urutan 13 di area itu) maka kekuatannya akan melemah!! Dari waktu ke waktu, pertarungan ke pertarungan, trend di setiap area Shibuya akan berubah, jadi perhatikan baik-baik. Bergayalah sesuai trend yang sedang ‘HOT’, karena itu syarat untuk bertahan hidup di Shibuya!

Atur Segalanya Semaumu Lewat Handphone!

Shibuya 5Berbagai hal penting dan menarik bisa diatur sesuka hati di Menu Handphone (sentuh handphone di kanan atas layar/tekan START). Pertama, topi serta pakaian (dari merek-merek di atas) yang sudah dibeli bisa dipakai oleh Neku dan partner-nya di menu Item, sesuai tempatnya. Misalnya orang tentu saja tidak bisa memakai 2 topi atau 2 pasang sandal, begitu juga Neku dkk. Kamu bisa memakai sampai 4 barang (termasuk tas, kalung, bahkan hiasan kuku), asal tidak 2 kali di tempat yang sama. Segala kelengkapan tubuh ini akan meningkatkan kekuatan serangan (ATK) dan pertahanan (DEF) karakter. Walau sudah membeli, pemain tidak bisa ‘asal’ memakai baju! Selain masalah tempatnya tadi, setiap baju hanya bisa dipakai bila tingkat Keberanian (Brave) Neku dkk cukup. Seperti kenyataan, belum tentu semua orang punya nyali untuk memakai baju kelas atas tuxedo, baju cantik sejenis gaun, kalung lapis emas, bahkan sepatu yang sangat NORAK! Setiap tokoh punya tingkat Keberanian sendiri-sendiri yang membuat mereka mau memakai pakaian tertentu. Semakin gemerlap atau modis bajunya, Keberanian yang diperlukan semakin tinggi, tapi juga memberikan lebih banyak tambahan ATK dan DEF serta kemampuan khusus! Untuk makanan dan minuman, ada sistem yang unik. Setiap tokoh bisa mengonsumsi 1 makanan atau minuman setiap waktu; makanan/minuman itu akan meningkat kesatuan (Sync.) mereka, dari 0-100%. Tergantung selera masing-masing, bila makanan/minuman itu merupakan kesukaan mereka, efeknya akan berlipat atau sebaliknya bila tidak suka. Setelah memakan sesuatu, karakter tidak bisa makan lagi sampai makanan/minuman tadi dicerna; karena makanan/minuman perlu melalui berbagai ‘gigitan’ (bytes) agar bisa dicerna. Setiap kali bertarung, bytes itu akan berkurang sampai habis, lalu makanan/minuman tadi akan hilang sambil memberi efek tambahan seperti ATK+1, DEF+1, atau Brave+2. Namun setiap karakter hanya bisa makan 24 bytes setiap hari (tapi tidak kurang dari 6), dan pemain harus menunggu sampai besok supaya bytes mereka penuh kembali. Besok hari di waktu sebenarnya loh! Jadi kamu tidak bisa bablas main 24 jam penuh kalau mau banyak meningkatkan status karakter, mereka juga punya batas ruang perut dalam sehari ^_^. Selain itu kamu juga bisa mendengarkan CD musik yang kamu beli di toko sebagai Nada Handphone-mu! Whoo!!

Kedua, kamu bisa memasang pin apa saja yang kamu suka untuk bertarung di Pin Menu. Di sini kamu bisa melihat semua koleksi pinmu satu-persatu; mulai dari nama, merek, jenis serta tipe dan cara mengaktifkan psych-nya, Phone menukegunaan, kekuatan serta waktu boot/reboot-nya, bahkan harga jualnya di pasaran. Kamu bisa men-drag langsung pin yang ingin dijual maupun memakan tempat, ke panel tempat sampah di kanan atas layar. Ketiga, pemain bisa mengakses Noise Report untuk melihat semua jenis Noise yang sudah dikalahkan; termasuk pin apa saja yang dijatuhkannya dan persentase mereka menjatuhkannya (drop rate). Ya; setiap Noise menjatuhkan pin, tapi kemungkinannya bervariasi dari 0-100%. Bahkan banyak pin langka yang persentase mendapatkannya hanya 5% atau kurang! Lantas bagaimana?? Pemain bisa mengatur Level mereka sesuka hati di Menu Handphone ini; misal kamu sudah Level 35 dengan drop rate 1, jika kamu turunkan Levelmu jadi 16, maka drop rate jadi 20! Maka persentase 5% tadi x drop rate mua sekarang 20= 100%! Memang bila menurunkan level HP maksimum Neku dkk juga menurun, tapi hanya itu caranya untuk mendapat banyak pin langka! Ada juga pengaturan tingkat kesulitan (Difficulty) dari Mudah ke Sulit yang bisa diatur sesuai kemampuanmu; musuh yang sama menjatuhkan pin berbeda di setiap tingkat kesulitan! Jangan lupa mengatur Partner-mu, apa mau kamu kendalikan sendiri secara penuh (Manual) atau Otomatis (setelah 1, 3, atau 6 detik). Atur semuanya entah secara normal ataupun segila-gilanya, itu hakmu! …Ngomong-ngomong, kamu juga bisa Save permainan kapan saja lewat menu Handphone ini. Tambah lagi, semua menu tadi tidak langsung terbuka. Kamu harus mengumpulkan berbagai Stiker yang bisa membuka menu baru, kemampuan karakter, atau petunjuk.

Para Reaper, Orang-orang Kurang Kerjaan

Reaper duoSetiap hari para Reaper memberikan E-Mail mengenai misi yang harus diselesaikan di hari itu, berikut syarat dan batas waktunya. Misinya bisa berupa “pergi ke tempat tertentu”, mengalahkan “boss tertentu”, dsb. Pemain harus berkeliling Shibuya dari satu area ke area lainnya, kadang bolak-balik untuk menyelesaikan misi-misi tersebut. Namun tidak semua area Shibuya terbuka; sebagian besar dikunci dengan tembok tak terlihat yang dibuat para Reaper di setiap sudut kota, dan hanya bisa dibuka bila pemainThe World Ends With You 02 memenuhi syarat dari Reaper yang menjaga tembok itu. Syaratnya bisa mengalahkan Noise tertentu, mendapatkan item khusus, memakai baju dari suatu merek, dll. Memang; kelihatan jelas syarat-syarat itu dibuat semaunya oleh para Reaper, entah karena bosan atau suka saja. Walau menyebalkan, bila kamu berhasil memenuhi syarat maka kamu akan mendapat Stiker khusus, pin uang (10000 yen!), atau bahan baju.

Para Reaper bekerja di bawah [Composer] sang pemimpin, serta para [Game Master] yang menjadi pengawas serta penentu misi di setiap Uzuki-Kariya Reaper Duominggu. Karena ada aturan khusus “Dilarang Menyerang Para Pemain Sebelum Hari Ke-7”, kebanyakan Reaper ini merasa bosan. Sebut saja salah satu Reaper, Uzuki. Saking bosan dan begitu menginginkan promosi (naik pangkat), dia mengganggu Neku dkk secara tidak langsung untuk menghabiskan waktu. Untung Kariya partner-nya bisa menenangkan suasana, bahwa itu hanya buang-buang waktu. Tidak usah sang duo tadi, para Reaper lain (yang berjaket) juga seringkali memberi aturan konyol untuk membuka tembok tak terlihat; masa Neku harus pakai baju “xxx”, atau mengalahkan 10 Noise!? >_< Ada juga Reaper yang ingin konser, tapi perlu bantuanmu untuk melaksanakannya. Neku menolak tentu, tapi dia mebuat tembok tak terlihat dan hanya akan melepasnya bila Neku membantunya +_+ Reaper yang jatuh cinta, berantem dengan teman, kehilangan benda kesayangan, serta setengah mati mau makan “X Ramen” juga ada… Segala hiruk-pikuk orang dewasa yang ‘menganggur’ dan haus kejayaan ada di sini!

Neku dkk akan sering ‘bertemu’ dengan mereka dari hari ke hari, terkadang harus meladeni sifat ‘kurang kerjaan’ mereka dalam pertarungan sulit. Walau mereka semua (terutama Uzuki dan Kariya) terlihat seperti contoh orang dewasa yang kacau, kemampuan tempur mereka KUAT! Bahkan ada saatnya kamu harus berhadapan langsung dengan Game Master seperti si ‘koki’ besar Sho MinamimotoHigashizawa, si maniak Matematika Sho Minamimoto, semua yang bisa berubah menjadi Noise raksasa!! Setiap gang dan sudut jalan Shibuya menjadi medan pertempuran! Tapi di balik semua itu, banyak misteri terkubur. Bagaimana mereka bisa membuat Shibuya UG dan Permainan Reaper, kalau mereka hanya manusia biasa? Bagaimana mereka memiliki ‘kekuatan’ untuk memanggil Noise, berubah wujud menjadi Noise, dan membuat tembok? Kuasa apakah yang mereka punya sehingga bisa memberikan [kesempatan kedua] dan mengambil “hal paling berharga” bagi para para Pemain?? Juga akankah Neku mengetahui kebenaran di balaik kematiannya sendiri??? Terlalu banyak tanda tanya meliputi petualangan Neku dan teman-temannya di Shibuya; soal mereka bisa berhasil atau gagal, semua tergantung padamu! Area-area Shibuya yang luas beserta toko-toko khasnya, desain karakter dari Tetsuya Nomura (Final Fantasy VII Advent Children) dan Gen Kobayashi, sistem pertarungan layar sentuh dan layar atas yang unik menyatu, ratusan jenis baju merek terkenal, alunan musik rock-pop-techno-disko yang asyik, belum mini game seru dari Tin Pin Slammer sampai Reaper Creeper; semua akan membuatmu terpaku berjam-jam di Shibuya UG! Pemain juga tidak usah khawatir bila ‘harus’ berhenti main beberapa hari; dengan sistem stiker “Shutdown”, semua pin pemain dalam deck akan mendapat PP gratis sesuai lama waktu kamu tidak bermain! Puaskan dirimu mengarungi jalan, toko, trend, budaya, serta misteri distrik Jepang paling gaya sepanjang masa: Shibuya!!

Nilai:

Grafis                    : 75         B++Kamizhiro-zaka - It's a Wonderful World

Suara                     : 90         A

Permainan          : 100       S

Fitur                       : 95         A++

Cerita                    : 80         B++

Keseluruhan      : 88         A+

E (0-20)                 : Parah

D (21-40)              : Buruk

C (41-60)              : Kurang

B (61-80)              : Lumayan

A (81-99)              : Bagus

S (100)                  : Sempurna!