Phoenix Wright: Ace Attorney ¬Justice For All¬

Pengembang : Capcom

Penerbit : Capcom

Genre : Persidangan

Sistem : Nintendo DS

Pemain : 1 orang

Ukuran Game : 32 MB

Rating : Remaja

Tahun : 2006

Serial Persidangan Berlanjut!

PW2-Court1Setelah kesuksesan dalam 5 kasus di game pertamanya, Phoenix Wright kembali beraksi sebagai pengacara handal di persidangan dalam game sekuel ‘’Phoenix Wright: Ace Attorney ¬Justice For All¬’’. Game keluaran Capcom di tahun 2006 ini menyajikan kasus-kasus yang semakin dalam dan rumit dibandingkan sebelumnya; tentu tanpa melupakan humor segar di sela-sela intrik kasus. Game ini mengambil waktu setahun setelah game pertamanya; dari segi cerita maupun tanggal terbit, dengan banyak karakter baru. Karakter lama yang sudah kita kenal baik tentu tidak ketinggalan: Maya Fey, medium roh asisten Phoenix yang suka heboh sendiri, Detektif Gumshoe yang agak bodoh dan berantakan tapi rajin, serta Mia Fey guru Phoenix yang kerap memberi bantuan di saat sulit dalam wujud roh. Semua demi membebaskan klien yang dibela dari tuduhan kejahatan yang salah!

Tantangan Baru Bagi Pembela!? Psyche-Lock System!!

Defense's nightmare xCerita dimulai saat Phoenix sedang ada di ruang tunggu sebelum sidang, bermimpi… Dan saat bangun, ada orang yang memukulnya begitu keras sampai hilang ingatan!! Dalam kondisi amnesia, Phoenix harus perlahan mengembalikan ingatannya dengan mempelajari kembali struktur persidangan dari awal lagi… Klien Phoenix saat itu, Maggey Byrde, seorang polwan yang dijuluki “Wanita tanpa Keberuntungan” (“Lady Luckless”) tentu saja lagi-lagi bernasib apes. Untung saja dia masih percaya dan berusaha membantu Phoenix memulihkan ingatannya. Ya, gaya “Menggertak Maksimal (yang belum dipikirkan kelanjutannya)” ala pengacara kesayangan kita ini! Karenanya pemain pemula tidak perlu khawatir!! Seperti yang sudah-sudah, Phoenix harus berkeliling mengunjungi Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mencari petunjuk atau barang bukti. Dengan ‘’Examine’’, berbagai benda dari TV, Komputer, dll bisa diperiksa. Hal aneh sekecil apapun harus dilihat secara teliti untuk menemukan bukti. Tentu, bertanya pada polisi, saksi mata, dan semua orang di tempat kejadian dengan ‘’Talk’’ sangat penting untuk memperoleh informasi. Namun hal itu tidak mudah, karena ada kalanya orang itu menyembunyikan hal yang diketahuinya rapat-rapat. Kalau sudah begitu hendaklah kamu menunjukkan barang bukti ataupun profil seseorang yang bisa membuatnya berubah pikiran dengan ‘’Present’’. Ya, mulai game kedua ini kamu bisa memakai profil seseorang sebagai bukti! Namun itu tetap tidak cukup untuk kasus-kasus Phoenix kali ini!!

Pearl-psyche lock-1Mulai kasus kedua, Phoenix akan mendapatkan ‘’Magatama’’; benda dengan kekuatan spiritual kuat untuk membuat orang mengatakan rahasia mereka. Bila seseorang menyembunyikan sesuatu, Phoenix akan melihat banyak rantai dan gembok di sekitar orang itu. Memakai Magatama, pemain harus menunjukkan barang bukti yang mendukung pertanyaan Phoenix untuk ‘membuka’ gembok satu persatu sampai orang itu bersedia mengatakannya. Ini disebut ‘’Psyche-Lock System’’. Tapi pemain harus waspada; karena bila salah, Phoenix akan kehilangan sebagian dari ‘’Health Meter’’, pengganti ‘’5 kali kesempatan’’ di game pertama dengan jumlah bervariasi tergantung seberapa penting pertanyaannya.

Masih di Meja Hijau… Teriakkan ‘’Keberatan!’’

PW2 Cross ExaminationDalam sidang, Phoenix Wright selaku pembela harus membuktikan bahwa klien yang dibela tidak bersalah. Tentunya jaksa—- kebalikan dari pembela tidak akan membiarkan itu terjadi. Sidang akan dimulai dengan ringkasan kasus dari jaksa, lalu seorang saksi akan dipanggil untuk bersaksi mengenai peristiwa itu. Tugas sebenarnya pembela dimulai dari sini; karena bila klien yang kamu bela sudah jelas tidak bersalah, pasti saksi yang membuktikan sebaliknya itu berbohong atau salah dalam mengingat detil kejadian. Oleh sebab itulah ‘’Cross-Examination’’ diadakan, dengan 2 hal yang bisa dilakukan: ‘’Press’’ dan ‘’Present’’. Di suatu bagian kesaksian, tekanlah tombol ‘’Press’’ atau berteriak ‘’Hold it!’’ di mikrofon DS (atau speaker DS) dengan menahan tombol Y untuk memastikan apakah pernyataan itu benar ataupun meminta keterangan lebih detil. Kamu bisa melihat barang bukti baik yang sudah diberikan pihak berwenang maupun yang telah kamu kumpulkan sendiri untuk menemukan sebuah kontradiksi atau ketidaksesuaian dengan fakta yang ada.

Ini Miney1PW2 Objection!Truth Go!Sebagai contoh saat saksi mengaku tidak menyetir karena tidak punya SIM; padahal JELAS kamu memilki foto bukti dia sudah memilikinya! Di sinilah kamu harus memilih kartu SIM tersebut kemudian menekan tombol ‘’Present’’ atau berteriak ‘’Objection!’’ di mikrofon DS (atau speaker DS) dengan menahan tombol Y untuk menyatakan kejanggalan ini pada hakim. Bila benar sang saksi akan terguncang karena kebohongannya terbongkar; lalu dia akan berupaya membuat kebohongan lain dengan merevisi kesaksiannya. Patut diperhatikan pula bila pemain salah mengajukan barang bukti, hakim akan memberi pinalti yang mengurangi ‘’Health Meter’’yang jika habis akan berakibat kekalahan!

Pembalasan Jaksa!? Franziska von Karma!!

933086_79325_back otherIngatlah bahwa jaksa sebagai lawan bisa melakukan hal sama untuk mematahkan pendapatmu, terlebih lagi kali ini hadir jaksa jenius: Franziska von Karma!! Dia adalah putri dari Manfred von Karma, jaksa perfeksionis yang dikalahkan Phoenix dalam ‘’Turnabout Goodbyes’’ di game pertama; yang ingin membalas kekalahan ayahnya!! Dia akan menyiapkan saksi baru, bukti tambahan, atau apa saja untuk menang. Atas berbagai usaha itu, suatu sidang bisa berakhir begitu saja jika kamu tidak bisa menemukan kesalahan apapun pada teori jaksa. Kebanyakan barang bukti yang diajukan jaksa dalam teorinya itu sekilas tidak memiliki kesalahan, tapi Oddity in photobila dilihat baik-baik… Seperti dalam foto bukti pelaku yang melarikan diri dari TKP sesudah aksinya: bila pemain mampu menemukan kesalahan pada foto tersebut dengan memilih area yang dimaksud di layar sentuh, pemain bisa menunjukkannya pada seisi sidang dan menyelamatkan kasus. Dalam foto di samping pelaku menyeret kakinya, yang membuktikan dia bukanlah klienmu yang bertubuh tinggi, tapi orang lain yang bertubuh lebih pendek!! Meski begitu bukan berarti pemain menang begitu saja; sidang bisa saja ditunda sampai hari berikutnya. Itu demi penyelidikan lebih lanjut; mengharuskan pemain menemukan fakta dan bukti baru yang menjadi poin penting dalam kenyataan kasus sebenarnya! Kebanyakan kasus tidak hanya berputar pada satu masalah yang ada sekarang; seringkali berhubungan dengan kasus lain di masa lalu. Semakin pemain menyelidiki suatu kasus, semakin banyak bukti, fakta, dan orang yang terlibat; bahkan semuanya itu berhubungan dengan kasus di masa lalu! Jangan kaget lagi bila kamu bertemu banyak orang aneh dan tidak karuan yang akan bersaksi di pengadilan nanti; baik karakter lama yang kembali ataupun karakter baru yang muncul, memeriksa setiap detil perkataan mereka sambil menanggapi sikap-sikap ‘unik’ mereka adalah harga mutlak! Akhir kata… Terus menyelidiki TKP, mencari barang bukti, mengumpulkan informasi dari orang-orang yang mulutnya tertutup rapat sekalipun dengan Magatama, dan mengalahkan jaksa jenius seperti Franziska sekalipun dalam perdebatan sengit sampai hakim memutuskan bahwa klienmu selaku terdakwa tidak bersalah; adalah tugas mutlak pemain dalam game ini sebagai pembela! Ajukanlah keberatanmu disertai pengajuan bukti; demi keadilan! Keadilan Untuk Semua!

Nilai:

Grafis : 75 B++

Suara : 85 A+

Permainan : 90 A+

Fitur : 90 A+

Cerita : 90 A+

Keseluruhan : 86 A+

E (0-20) : Parah

D (21-40) : Buruk

C (41-60) : Kurang

B (61-80) : Lumayan

A (81-99) : Bagus

S (100) : Sempurna!

Advertisements