Kingdom Hearts

Re: Chain of Memories

Pengembang : Jupiter Co.

Penerbit : Square Enix

Genre : RPG-Aksi-Kartu

Sistem : Playstation 2

Pemain : 1 orang

Memory Card : kb

Rating : Semua Umur (10+)

Tahun : 2008

Translasi Yang Lama dinanti!

Dulu sebuah game Game Boy Advance (GBA) yaitu Kingdom Hearts: Chain of Memories, yang merupakan sekuel langsung dari game PS2 terkenal buatan Squaresoft (sekarang Square-Enix): Kingdom Hearts (KH) sangat laku di pasaran. Sistem permainan KH yang berupa aksi-RPG yang sangat frontal dimodifikasi menjadi system aksi-kartu di Chain of Memories ini. Walau hanya berupa game GBA yang kualitas grafisnya jelas kalah dengan PS2, game ini sangat memukau para penggemar serial ajaib tersebut. Namun sangat disayangkan, saat itu belum begitu banyak gamer yang memiliki GBA; dan sebagai hasilnya banyak yang tidak bisa memainkan game ini. Tapi akhirnya Square-Enix mengabulkan permintaan itu dengan membuat versi PS”-nya, dengan judul Kingdom Hearts Re: Chain of Memories. Pertama kali game versi PS2 ini dirilis bersamaan dengan game Kingdom Hearts II Final Mix+, dalam bahasa Jepang. Baru pada tahun 2008, Square-Enix mengeluarkan versi Inggris-nya.

Bukan Sekedar ‘’Mengulang’’

Di KH Re: CoM ini, ceritanya meliputi kelanjutan perjalan Sora setelah akhir dari KH pertama. Sora, Donal, dan Gufi mendapat sebuah pesan lagi dari Miki Tikus, raja dunia Disney, melalui Pluto. Mereka mengikuti Pluto sampai akhirnya beristirahat di tengah jalan. Saat itu, Sora bertemu dengan orang misterius yang sangat mirip dengan UNKNOWN yang pernah dihadapi Sora dkk di KH Final Mix. Orang itu menuntun Sora dkk ke Kastil Oblivion, tempat misterius di mana ingatan menjadi hal yang sangat penting. Begutu menjejakkan kaki ke dalam, Sora dkk kehilangan semua jurus mereka dan juga catatan perjalanan di jurnal Jiminy Cricket.

Ternyata Kastil Oblivion mempunyai peraturan khusus: semua kekuatan yang bisa dipakai di dalam hanyalah kartu! Gawatnya lagi, semakin Sora dkk naik ke lantai atas, semakin banyak ingatan mereka yang akan hilang! Walaupun sebagai gantinya, sebuah ‘ingatan yang hilang’ akan teringat kembali… Tapi Sora dkk tetap maju; selain untuk menyelidiki kastil, juga demi ‘ingatan yang hilang’ tersebut. Sora mendapat berbagai kartu dunia-dunia dari ingatannya seperti Traverse Town, Agrabah, Hallowen Town, sampai Hoolow Bastion. Di setiap dunia tersebut Sora akan bertemu kembali berbagai kawan dan juga lawan; baik yang lama dari KH maupun yang baru. Benar, yang baru! Di setiap lantai, banyak sosok misterius lain yang menyebut diri mereka ‘’Organization XIII’’ mencegat Sora dkk. Siapa mereka sebenarnya? Apa tujuan mereka? Apakah ada hubungannya dengan ‘ingatan yang hilang’ itu?

Kekuatan Hati Dalam Bentuk Kartu

Semua hal dalam Kastil Oblivion diatur oleh kartu. Pertama, Sora akan memilih dunia dari ingatannya untuk dimasuki dari Kartu Dunia (World Cards) yang dimiliki. Di dalam dunia itu, Sora akan sendirian, tanpa Donal dan Gufi! …Benarkah? Tidak, mereka ada dalam bentuk kartu pula! Pada system pertarungan di Kastil Oblivion ini, Sora akan bertarung dengan sebuah Deck berisi kartu-kartu yang merupakan perwudan kekuatan hatinya. Kartu itu terbagi menjadi Serangan, Sihir, Barang, dan Teman. Untuk menyerang musuh, Sora akan memakai kartu serangan berupa kartu Keyblade seperti yang sudah kita kenal: Kingdom Key, Tree Wishes, Olympia, Pumpiknhead, Divine Rose, bahkan Oathkeeper dan Oblivion dari Final Mix. Sora memilih kartu-kartu Keyblade itu dengan tombol L1 dan R1, lalu memakainya dengan tombol X. Bila kartu serangan dipakai berturut-turut akan menghasilkan combo seperti dalam KH. Demikian pula dengan sihir Fire, Bilzzard, dan Thunder, yang sekarang bisa dipakai tanpa khawatir soal MP. Lalu bagaimana bila kartu Sora di Deck habis terpakai? Sora bisa ‘memanggil’ kartu-kartu tersebut dari hatinya dengan ‘’Reload’’, walau perlu beberapa detik. Atau Sora bisa memakai kartu Barang berupa Potion, Ether, dll untuk me-reload dalam sekejap. Kartu Teman seperti Donal, Gufi, Peter Pan, atau Aladdin bertebaran secara acak di medan pertempuran. Sora hanya perlu mengambilnya sebelum hilang untuk memanggil teman-temannya, baik membatu menyerang atau menyembuhkan. Tapi jangan lupa, musuh juga memakai kartu untuk bertarung!

954016_20080919_screen001Setiap kartu tempur di Deck itu memiliki nilai 0-9, semakin tinggi, semakin kuat. Kadangkala kartu Sora dan musuh yang dipakai bersamaan akan bertubrukan, dan hanya yang angkanya lebih tinggilah yang menang. Jadi dengan nilai kartu yang lebih tinggi, kamu bisa membatalkan kartu lawan sekaligus membalas dengan kartumu; ini disebut Card Break. Khusus untuk angka 0, bisa membatalkan kartu dengan nilai setinggi apapun, tapi bisa dibatalkan dengan kartu apapun juga… Kartu 0 bisa gamer pakai untuk membatalkan serangan musuh yang kuat bila dipakai dengan benar. Dalam pemakaian kartu, ada satu hal unik yang disebut ‘’Sleight’’. Dengan menyimpan 2 atau 3 kartu dan memakainya sekaligus, Sora bisa menumupk nilainya dan menghasilkan serangan ber-angka tinggi. Bukan cuma itu; bila kombinasi kartu dan nilainya benar, Sora bisa mengeluarkan jurus dahsyat yang disebut ‘’Sleight’’ tadi. Misalnya dengan 3 kartu serangan bernilai 10-15, Sora bisa melakukan jurus Blitz dari KH pertama. Tidak ketinggalan serangan gabungan Trinity Limit dengan kartu serangan + kartu Donal + kartu Gufi. Sihir pun begitu; dengan 2 kartu Fire akan menghasilkan Fira, atau bila 3: Firaga. Selain jurus-jurus lama dari KH pertama, banyak jurus baru yang lahir dari kombinasi kartu dan menjadi daya tarik tambahan game ini. Sebut saja Warpinator; kombinasi Stop + Gravity + Aero, yang men-teleport musuh ke tempat lain. Bahkan yang super seperti Lethal Flame; kombinasi Stop + Keyblade +Keyblade. Sora akan menghentikan waktu, menebas musuh berulang kali, lalu musuh terpotong-potong saat waktu kembali berjalan! Keren!! Tentunya, kamu harus mendapatkan jurus itu dari peti harta atau Boss sebelum bisa memakainya. Jangan lupa bahwa semua aksi kartu tadi dilakukan secara real-time!! Kamu akan melompat, berguling, dan berlari menghindari serangan musuh sambil memilih kartumu!

954016_20081104_screen003Selain melawan para Heartless sebagai musuh, dalam dunia-dunia itu Sora akan bertualang kembali dengan teman-teman Disney sesuai cerita mereka. Dengan memakai Kartu Peta (Map cards), Sora bisa membuat ruangan sesuka hati selama cocok dengan angka dan ketentuan ruangan itu. Misal dengan kartu Moments Reprieve, kamu bisa membuat ruangan tanpa musuh khusus untuk menyimpan permainan. Lalu dengan kartu Teeming Darkness, kamu bisa membuat ruangan yang banyak Heartless-nya sebagai tempat menaikkanLevel. Dengan itu Sora bisa terus melaju sampai akhir; seperti membantu Aladdin melawan Jafar, menolong Ariel merebut Trisula Triton dari Ursula, menuntun Pinokio keluar dari perut Monstro bersama kakeknya, semua itu dalam penyajian yang lebih unik dan berbeda dari KH pertama.

Jangan lupa bahwa Sora juga akan berhadapan dengan anggota Organization954016_113357_back ex XIII satu persatu; mulai dari Axel, Larxene, Marluxia, dan lainnya. Mereka semua selain melawan Sora, selalu memberi petunjuk tentang ‘ingatan yang hilang’ itu; seolah ingin Sora mengingatnya. Perlahan-lahan ingatan Sora yang sekarang hilang dan suatu ingatan lain muncul, ingatan tentang seorang gadis berambut pirang… Yang merupakan teman masa kecil Sora selain Riku dan Kairi…!? Apakah Sora akan menemukan sosok gadis misterius tersebut dalam ‘ingatan yang hilang’ itu? Ada rahasia apa di baliknya? Di sisi lain, untuk pertama kalinya kamu juga bisa bertualang sebagai Riku bersama Miki Tikus setelah memenuhi suatu syarat. Petualangan Riku dan Miki… Setelah mereka menutup ‘pintu’ di KH pertama, juga dalam Kastil Oblivion ini! Apakah Sora, Donal, dan Gufi akan bertemu lagi dengan Riku dan Miki dalam Kastil Oblivion? Bisakah semua misteri Kingdom Hearts terpecahkan di sini? Masih dengan pengisian suara dari aktor berbakat Haley Joel Osment untuk Sora dan setiap tokoh Disney disuarakan pengisi suara aslinya di serial TV Disney; serta music KH yang memukau disertai theme song Utada Hikaru ‘’Simple and Clean’’. Mainkanlah game ini untuk mengetahui semuanya!

Nilai:

Grafis : 75 B++

Suara : 85 A+

Permainan : 90 A+

Fitur : 90 A+

Cerita : 85 A+

Keseluruhan : 85 A+

E (0-20) : Parah

D (21-40) : Buruk

C (41-60) : Kurang

B (61-80) : Lumayan

A (81-99) : Bagus

S (100) : Sempurna!

Advertisements