929668_69696_frontSuikoden V

Pengembang : Konami

Penerbit : Konami

Genre : RPG

Sistem : Playstation 2

Pemain : 1 orang

Memory Card : 113 kb

Rating : Remaja

Tahun : 2006

Seri Ke-Lima dari Suikoden!

Lebih dari 30% para penggemar game sekalian (terutama game konsol seperti 929668_20060124_screen009Playstation dan Playstation 2) pasti sudah banyak mengetahui mengenai seri game RPG Suikoden. Suikoden adalah game RPG dengan keistimewaan khusus: pemain bisa merekrut karakter yang bisa dimainkan (Playable Characters) sampai 108 orang!! Selain itu pemain sebagai tokoh utama akan menjadi pemimpin pasukan dan membangun markas (biasanya kastil), beserta segala isinya: mulai dari toko obat, pandai besi, tempat pelatihan, kolam pancing, pusat permainan, penginapan, kendaraan, teleport (!?), gudang persediaan, sampai ruang rapat untuk persiapan perang. Jalan cerita yang berpusat pada situasi kritis dari suatu negara dan aliansi sekitarnya, pertikaian politik dan ancaman perang, serta kekuatan dahsyat dari 27 True Runes menjadi inti dari berlangsungnya serial ini sampai angka ke-5. Apakah akan ada yang ke-6?

Keratuan (Queendom) Falena

929668_20060124_screen010Cerita kali ini dimulai di Keratuan (Queendom; bedakan dengan Kerajaan=Kingdom) Falena, tokoh utama (Hero) adalah anak sulung laki-laki dari ratu Falena Archstat, pemegang kekuasaan tertinggi. Karena ini adalah negeri Keratuan yang dipimpin oleh ratu, pewaris takhta berikutnya adalah Lymsleia, anak bungsu perempuan dari sang ratu yang juga adik Hero. Negeri Keratuan ini bisa begitu sukses dan makmur berkat kekuatan Sun Rune (Rume Matahari) yang dimiliki sang Ratu. Sinar yang dipancarkan dari rune itu membuat tanah menjadi gembur dan tanaman tumbuh subur. Kekuatan panasnya yang luar biasa juga mampu membakar habis para penjahat yang berniat menjajah keratuan; membuat Keratuan Falena damai sentosa. Tapi itu cerita lama; sekarang masalah bermunculan: tanah-tanah menjadi gersang, penduduk kelaparan dan menderita kepanasan. Alhasil, tentu saja Ratu Archstat sebagai pemilik Sun Rune mulai dibenci oleh seluruh rakyat. Apa benar ini kesalahan Ratu Archstat, ibu Hero yang mulai menjadi seperti tiran? Ataukah ada sebab lain? Hero sebagai pangeran beserta pengawal pribadi setianya Lyon, salah satu yang terhandal dan terpercaya dari Ksatria Ratu (Queen’s Knight) Georg Prime, juga saudari Archstat atau bibi Hero yaitu x; Memulai perjalanan ke seluruh penjuru Keratuan Falena untuk menyelidiki masalah yang sebenarnya.

Pemberontakan dan Pengkhianatan… Masalah Klasik Negeri!

Setelah diselidiki lebih jauh, ternyata pihak-pihak luar yang ingin menguasai Keratuan Falena telah berkomplot dengan pembelot dalam Keratuan Falena sendiri untuk merebut tahkta. Situasi yang semakin gawat karena tidak tahu lagi siapa yang harus dipercaya, pertempuran yang berkecamuk semakin ganas, membuat Hero akhirnya terpaksa meninggalkan Keratuan Falena. Lymsleia, adik Hero yang menjadi tawanan dipaksa untuk membantu rencana licik mereka. Hero yang menjadi buronan hampir di seluruh daerah harus menyamar dan membentuk kekuatan dengan orang-orang yang juga menuntut kebenaran dan kebebasan. Bersama Lyon, Georg, dan x, Hero mencari orang-orang seperti itu dan membentuk aliansi bersama demi mendapatkan kembali kedamaian di Keratuan Falena. Semua orang yang bertujuan meruntuhkan kekuasaan yang lalim termasuk Hero, disebut 108 Bintang Takdir.

Gabungkan Kekuatan… Taktik dan Strategi!

929668_20060124_screen019Permainan berlangsung dengan mengendalikan Hero (yang biasanya diikuti Lyon) secara bebas di kota-kota dan tempat-tempat berbahaya. Di daerah-daerah berbahaya tersebut, secara acak pemain akan berhadapan dengan musuh (Random Encounter). Pertarungan berlangsung dengan sistem giliran, pemain memilih aksi untuk setiap karakter yang bertempur (bisa sampai 6 orang) dan pertempuran dimulai: karakter bisa menyerang, bertahan, memakai sihir Rune, menggunakan barang, atau melakukan serangan gabungan. Dari semua petarung yang ada, beberapa karakter yang memilki hubungan khusus (keluarga, rival, sahabat, atau lainnya) bisa melakukan serangan gabungan yang unik. Sihir kuno Rune bisa dikeluarkan setelah ‘memasang’-nya pada karakter yang sesuai; beberapa karakter juga sudah memiliki Rune khusus yang tak bisa dilepas. Di antara rune biasa, ada True Rune yang disebut rune suci yang sudah ada sejak awal pembentukan dunia dan memiliki kekuatan luar biasa serta membuat awet muda; seluruhnya ada 27. Sun Rune yang dimiliki Ratu Archstat adalah salah satunya; Hero juga nanti akan mendapat Dawn Rune (Rune Senja) yang memiliki kaitan erat dengan rahasia negeri ini. Juga ada duel satu lawan satu; antara Hero dan 929668_20060124_screen012seorang petarung lain. Berbeda dengan pertarungan biasa 6 orang; duel lebih merupakan menebak tindakan lawan dan membalas dengan tepat. Lawan akan mengeluarkan suatu kata-kata yang mencerminkan tindakannya (Attack, Guard, atau Special), lalu dalam 3 detik pemain harus memilih tindakan yang merupakan kelemahan dari tindakan lawan (Attack>Guard, Guard>Special, Special>Attack) untuk melukainya. Waspada, karena ada kalanya perkataan mereka justru mengecoh kamu sebagai Hero. Hasil dari suatu duel secara langsung juga mempengaruhi jalan cerita atau perekrutan karakter.

Dari 108 karakter yang ada, tidak semuanya merupakan petarung; sebagian adalah ahli kerajinan, instruktrur bela diri, penjual obat, dokter, bahkan detektif. Walau tidak membantu dalam pertarungan, mereka berperan besar dalam menyediakan barang-barang yang dibutuhkan, dana pasukan, sarana kesehatan dan transportasi serta informasi penting; faktor perkembangan bagi kastil tempat semuanya berkumpul dalam satu aliansi. Mengajak mereka bergabung tidaklah mudah, kadang kamu harus mengalahkan mereka dalam pertarungan atau duel, membaya sejumlah uang (mata uang Suikoden: Potch), memberikan suatu barang langka, membantu dalam menyelesaikan masalah mereka, bahkan berbagai tindakan aneh. Beberapa juga bergabung otomatis selama kamu tidak salah mengambil keputusan. Di antaranya juga ada ahli strategi perang, yang akan membantu dalam keputusanmu untuk melakukan pertempuran massal. Ya, Perang Massal adalah salah satu sistem yang unik dalam game ini. Kamu mengatur pasukanmu mulai dari siapa pemimpinnya, jenis unitnya (petarung darat/laut, pasukan berkuda, pemanah, atau ahli sihir), jumlah unit, posisi di medan pertempuran, dan tentu strateginya! Setiap pertempuran seperti ini berpengaruh besar bagi jalan cerita dan memilki kondisi kemenangan yang sulit dan rumit. Perlu diperhatikan setiap tipe unit punya kelemahan kepada unit lawan tertentu, yang biasanya menjadi poin dasar dalam menentukan arah pertempuran: karakter-karakter penting bisa gugur jika kamu tidak berhati-hati! Kehilangan seorang saja dari 108 Bintang Takdir bisa mengubah segalanya selain pilihanmu sendiri sebagai Hero. Sebagai Pangeran yang bijaksana, damaikan negeri dengan tanganmu sendiri!

SuikodenV-Group4

Nilai:

Grafis : 75 B++

Suara : 75 B++

Permainan : 85 A+

Fitur : 90 A+

Cerita : 90 A+

Keseluruhan : 83 A

E (0-20) : Parah

D (21-40) : Buruk

C (41-60) : Kurang

B (61-80) : Lumayan

A (81-99) : Bagus

S (100) : SEMPURNA!

Advertisements