Game – Saran, Tips, Rahasia yang tidak biasa

Salam, para pemain sekalian! Tanpa basa-basi: pasti kalian semua pernah mengalami kesulitan saat bermain game; terutama dalam memecahkan misteri/teka-teki sulit, melawan Boss, atau dengan tingkat kesulitan super sulit! Berikut ada beberapa tips yang bisa kalian pelajari bahkan temukan sendiri jika menyatu dengan game… Apa? Gila? Kawan, aku SERIUS. Pasti kalian mengerti!

*: didapat dari pengalaman saya sendiri selama bermain

$: didapat dari berbagai sumber lain (teman, majalah, guide)

Ben 10 Protector of Earth

*Health penuh lagi… kapan saja!

Pasti banyak dari kalian yang sudah menyadarinya. Benar; bila kamu berubah dari bentuk Ben ke alien atau sebaliknya; Health (kesehatan, bar warna merah) akan penuh lagi! Jadi kamu tidak perlu repot-repot menghancurkan benda-benda yang ada demi DNADE (pemulih health) untuk tetap hidup. Ini sangat membantu di tingkat kesulitan Hero! PERHATIAN: Tidak berlaku untuk perubahan dari alien ke alien (setelah mendapat Master Control dengan mengalahkan Ghostfreak di Gold Coast Theater), jumlah Health akan tetap sama.

*Berdiri tegak meski kena pukulan keras… kurang dari sedetik!!?

Ini juga. Bila kamu terkena pukulan keras yang membuatmu terjatuh (misal: hantaman tangan Robot Enoch di Hoover Dam), kamu akan terjatuh dan perlu beberapa detik untuk bangun. Beberapa detik ini bisa fatal, karena kamu akan hilang kesempatan menyerang. Namun ada cara agar kamu bisa berdiri dalam sekejap: saat terkena pukulan seperti itu dan kamu mulai terjatuh, segera berubah ke Ben saat kamu dalam wujud alien atau sebaliknya. Kamu akan dalam posisi berdiri lagi dan bisa lnagsung bergerak! Lebih efektif jika kamu berubah ke bentuk alien ke alien lain (dengan Master Control); sehingga kamu bisa langsung balas menyerang!

*Level ke Level: Cara yang benar mendapat Ranking A!

Saat menjalani level biasa (bukan khusus Boss atau melawan banyak musuh di tempat bertanda merah) untuk pertama kali, JANGAN coba-coba untuk meraih rangking A! Selain kamu belum memahami levelnya, akan membuatmu tidak fokus dan membuang tenaga sia-sia. Langkah yang benar: jalani dengan santai setiap level baru, pahami dengan baik struktur serta rintangannya. Lalu kumpulkan semua kartu Sumo Slammer (kecuali yang memerlukan Cannonbolt dan Wild Vine di level-level awal); jangan terlewat satupun agar kamu tidak usah mengulang karena hanya 1 kartu.

Bila sudah; selesaikan game (dengan mengalahkan Vilgax di level The Merciless); dengan setidaknya mengumpulkan lebih dari setengah penambah health dan peningkat Omnitrix untuk mempermudah. Lagipula bila sudah menyelesaikan game, kamu otomatis sudah mendapat Master Control, serta pembuat energi Omnitrixmu nyaris tidak terkuras bahkan bila menggunakan gerakan tingkat tinggi (lupa namanya…), juga banyak membuka gerakan alien. Setelah itu, pastikan kamu sudah membuka gerakan Heatblast: Armageddon (segitiga 2x, lingkaran)!! Ini adalah gerakan alien terkuat yang bisa mem-barbekyu banyak musuh sekaligus dalam sekejap! Jadi masuki ulang setiap level dan lakukan seperti ini:

*Untuk level biasa: saat berjalan (belum bertemu musuh), berubah ke XCLR8 dan jalanlah dengan cepat (jalan biasa saja, jangan pakai Full Speed)! Saat bertemu musuh, langsung berubah ke Heatblast dan panggang mereka secepatnya dengan gerakan Armageddon (saat memakai Armageddon, bergeraklah sedikit memutar untuk mengenai banyak musuh)! Setelah mereka kalah, langsung berubah ke XCLR8 lagi dan jalan, basmi musuh dengan Armageddon-nya Heatblast, terus ulang sampai level selesai. Kecuali untuk rintangan tertentu yang perlu gelindingan Cannonbolt dan ayunan akar Wildvine, pakailah cara tadi! Dijamin level akan selesai hanya beberapa menit dan kamu dapat rangking Plumber A!

*Untuk melawan Boss atau banyak musuh di tempat bertanda merah di peta: serang dengan Armageddon-nya Heatblast! Walau sepertinya gerakan alien lain lebih efektif, tetap pakai ini! Hanya ini cara tercepat untuk memberi banyak kerusakan pada Boss; setiap ada kesempatan berubahlah ke Heatblast dan pakai Armageddon. Selain itu, saat Special action dengan Ben (berubah ke Ben, lalu tekan lingkaran di dekat Boss) jangan sampai salah!! Lihat tanda tobolnya dengan baik dan tekan dengan benar; karena jika kamu gagal kamu harus mengulangi lagi dan membuang waktu. Ketahuilah beberapa Boss hanya bisa dihabisi dengan Special Action (Robot Enoch, Dr. Animo, Vilgax…).

*Tips lainnya…

  • Jangan sampai salah pencet tombol untuk Armageddon (segitiga 2x, lingkaran) dengan Fire Plume (segitiga 3x). Memang Fire Plume memberi luka bakar berkelanjutan, tapi ini tidak sekuat Armageddon dan kurang efektif untuk Boss. Pastikan jangan menekan segitiga terlalu cepat; setelah menekan segitiga 2x langsung pencet terus lingkaran sampai Armageddon keluar!

  • Dalam wujud Ben sekalipun, kamu tetap tidak akan terluka saat bertahan (kecuali serangan yang punya efek menembus pertahanan); jadi gunakan dengan bijaksana. Sangat berguna saat dikepung musuh.

Bila dilakukan dengan benar, kamu akan bisa mendapat rangking A di setiap level; bahkan di tingkat kesulitan Hero! Tidak percaya??? Buktinya dengan cara ini saya bisa dapat rangking A di setiap level dengan tingkat kesulitan Hero!!

Ben 10 Alien Force

*Health penuh lagi… kapan saja!

Pasti banyak dari kalian yang sudah menyadarinya. Benar; bila kamu berubah dari bentuk Ben ke alien atau sebaliknya; Health (kesehatan, bar warna merah) akan penuh lagi! Jadi kamu tidak perlu repot-repot menghancurkan benda-benda yang ada demi DNADE (pemulih health) untuk tetap hidup. Ini sangat membantu di tingkat kesulitan Hero! Karena tidak ada Master Control, kamu hanya bisa mengandalkan ini.

*Soal Pertahanan… (tombol L1)

Ketahuilah dalam wujud manusia Ben dan Kevin yang belum menyerap energi; saat menahan serangan musuh dengan tobol L1, kamu tetap akan terluka meski sedikit (karena mereka hanya menahan dengan tangan)! Ini sangat fatal di tingkat kesulitan Hero jika kamu tidak segera menyadarinya. Sebaliknya, dalam wujud alien Ben atau Kevin yang sudah menyerap energi (kayu, batu, atau baja tidak jadi masalah); saat menahan serangan musuh yang punya efek menjatuhkan sekalipun kamu tidak akan terluka. Untuk Gwen, karena dia menggunakan perisai sihir saat bertahan, dia tidak akan terluka.

*Perisai Aura Gwen… Abadi!?

Nyaris abadi. Sebagai Gwen kamu bisa mengaktifkan perisai aura (tekan R1) yang berperan sebagai pelindung Gwen dan kamu bisa menyerang tanpa terluka sampai perisainya habis. Saat perisainya habis atau hampir habis, ada cara jitu menunggu energi perisai aura (meteran warna pink) yang terisi otomatis tanpa perlu lari menghindar dari musuh. Caranya saat perisai aura yang kamu pakai habis; bertahanlah! Energi perisai akan tetap terisi saat kamu bertahan! Jadi saat sudah penuh lagi; sebelum membuka pertahanan kamu dengan melepas tombol L1, tekan R1 untuk mengaktifkan lagi perisai aura! Dengan cara ini kamu bisa melalui level-level Gwen tanpa terluka sedikitpun!

*Tips lain… Tidak perlu mati-matian mengumpulkan penambah fungsi Omnitrix (Chrono Crystal Boost atau Alien Tech Boost); tanpa itupun energi Omnitrix kamu sudah terisi cukup cepat. Tambah lagi tidak ada rangking di setiap level, jadi tidak usah cemas.

Harvest Moon: Back to Nature

$Hemat Modal untuk pagar

Saat membuat pagar untuk tanaman di ladang; ada baiknya kamu memakai banyak batu dan ranting yang ada di awal permainan daripada memakai potongan kayu bagus. Akan lebih awet!

*Penghenti Waktu? Bukaaan!!!

Saat di dalam bangunan waktu tidak akan berjalan, jadi tidak perlu terburu-buru.

$Lakukan Bertahap dalam Hati!

Saat ingin menjalin hubungan baik dengan orang (terutama para gadis), di awal permainan (saat baru kenal) jangan terburu-buru langsung memberi hadiah. Tahu, kan? Hadiah dari orang asing belum tentu berkenan! Jadi hendaknya kamu bicara banyak dulu dengan mereka cukup lama dan banyak turut serta dalam event yang melibatkan mereka; setelah sekitar 1 musim atau lebih barulah beri mereka hadiah; terutama saat mereka ulang tahun. Jangan lupa setiap orang punya barang kesukaan masing-masing, jadi jangan salah memberi, dan kalau cukup uang bungkuslah dengan kertas kado di supermarket. Ini juga berlaku untuk para kurcaci.