Ben 10: Protector of Earth

Pengembang:HighVoltage Software

Penerbit : D3 Publisher

Genre : Aksi

Pemain : 1-2 orang

Ukuran Data : 256 kb

Sistem : PS2

Rating : Semua Umur

(Juga untuk Nintendo Wii dan NDS)

Latar Belakang

Game ini dibuat berdasarkan serial film kartun populer dari Studio Cartoon ben_10_cms_bignetwork Amerika, Ben 10 (baca: Ben Ten). Ben 10 mengisahkan seorang anak umur 10 tahun bernama Ben Tennyson yang sedang melakukan perjalanan liburan musim panas dengan sepupunya Gwen dan kakeknya Max. Saat mereka berkemah di suatu hutan, sebuah meteor jatuh dan Ben pergi melihatnya sendirian. Ternyata itu bukan meteor; melainkan sebuah kapsul berisi benda aneh yang mirip jam tangan. Ketika Ben mendekatinya, benda itu melompat dan melekat ke lengan kirinya! Seketika jam itu aktif dan merubah Ben menjadi alien!! Bukan hanya satu saja, melainkan 10 bentuk alien berbeda yang bisa Ben pakai; yang dinamai Ben sendiri sesuai kemampuannya. Mulai dari Fouarms (empat lengan), alien merah besar bertangan empat yang sangat kuat, XLR8 (baca: ekseleret/accelarate yang artinya menamabah kecepatan) alien mirip kanguru yang sangat cepat, dan masih banyak lagi. Walau Gwen dan Max sedikit terkejut, justru Ben sangat senang karena bisa berlaga seperti jagoan. Sejak saat itu Ben berusaha menggunakan kekuatan jam yang nanti diketahui bernama Omnitrix itu untuk membasmi kejahatan. Baik itu dari manusia bumi maupun alien-alien dari luar angkasa yang berusaha merebut Omnitrix; yah, walau seringkali Ben menggunakannya untuk berbuat jahil; entah melihat mainan di toko tanpa izin atau mengganggu Gwen.

Permulaan Permainan

Game ini dimulai di suatu malam selama liburan musim panas masih berlanjut. Saat Ben sedang tidur, ada robot nyamuk yang menyedot energi dari Omnitrix di lengan kiri Ben. Saat bangun keesokan paginya, ada meteor jatuh seperti waktu itu, yang diperkirakan membawa pasukan besar robot alien. Ketika Ben sudah menyombong akan membasmi semuanya sendirian; dia sadar bahwa alien di jamnya hanya ada 2! Ternyata nyamuk tadi telah mengambil DNA alien-alien dalam Omnitrix untuk dipakai menciptakan pasukan besar alien oleh para musuh lama Ben, yang ingin balas dendam atas kekalahan mereka terdahulu. Sepanjang perjalanan, kamu memainkan Ben melawan semua musuh lamanya dengan kekuatan Omnitrix yang masih ada sambil merebut kembali energi DNA yang tersisa dan menemukan dalang besar yang telah menyebabkan hal ini. Meski kisahnya seputar pertarungan kembali Ben dan musuh-musuhnya, tapi tim pengembang High Voltage Software dapat menempatkan setiap aspek cerita sedemikian rupa sehingga tidak sekedar mengulang dan sangat seru untuk diikuti sampai selesai!

Waktunya Jadi Jagoan!

Permainan Ben 10: Protector of Earth ini sangatlah sederhana, kamu ben 5mengendalikan Ben ke kanan, atas, atau samping menelusuri level-level yang ada untuk melawan berbagai robot dan alien musuh. Tentu saja tidak mungkin bagi Ben melawan mereka semua hanya dengan fisiknya yang kecil. Dengan kombinasi tombol analog kanan atau tombol punggung pada stik, kamu bisa memilih berubah jadi alien apa untuk mengalahkan musuh, sesuai dengan kondisi, tempat dan jenis musuh. Beberapa tempat dan pintu hanya bisa dilewati memakai bentuk alien yang tepat. Misalnya saja untuk mengangkat batu yang berat kamu harus memakai Fourarms, untuk melewati pintu yang cepat menutup dengan XLR8, atau menghisap panas api agar bisa dilewati dengan Heatblast. Walau pada level permulaan hanya ada 2 bentuk alien dan waktu perubahannya terbatas, seiring kamu mengalahkan berbagai Boss musuh, Ben akan mendapatkan kembali satu persatu bentuk alien lainnya yang bisa kamu akses.

ben 3Setiap bentuk alien punya serangan combo (kombinasi) sendiri yang kekuatan, jangkauan, serta efeknya berbeda; yang bisa dikeluarkan dengan kombinasi tombol kotak, segitiga, serta lingkaran. Awalnya hanya beberapa gerakan dasar yang tersedia; sementara sisanya masih berupa “???”. Gerakan baru bisa dibuka dengan mengumpulkan bola-bola kuning yang dijatuhkan musuh untuk mengisi meteran khusus yang juga berwarna kuning. Jika meteran tersebut penuh, salah satu alienmu akan mendapat gerakan baru. Berhati-hatilah, karena beberapa gerakan, terutama yang kuat, memakai energi banyak yang memperpendek waktu perubahan. Tapi tenang saja! Berbeda dengan versi filmnya, di sini kamu bisa kembali menjadi Ben kapan saja untuk melewati celah-celah kecil ataupun menunggu energi Omnitrix diisi ulang. Memang sedikit memakan waktu, tapi nanti selain bentuk alien baru kamu juga bisa menemukan macam-macam penambah fungsi Omnitrix agar lebih hemat energi, juga memperpanjang meteran kesehatan Ben.

Apa Kamu Jagoan Sejati?

ben 4Game ini juga menghargai performa dari setiap pemain. Di setiap level kamu akan diberi nilai dari “D” yang terendah sampai “A” yang tertinggi untuk kecepatanmu menyelesaikan level tersebut. Bila kamu mendapat nilai A, bonus-bonus berupa gambar sketsa asli Ben 10, serta museum setiap karakter jagoan dan musuh dalam game akan kamu dapatkan. Di hampir setiap level terdapat pula 3 kartu Sumo Slammer (tokoh jagoan game kesukaan Ben), yang bila dikumpulkan akan membuka potongan film keren setiap proses perubahan bentuk alien Ben! Wow! Di level tertentu ada pula tantangan rahasia berisi musuh yang sangat banyak dan kuat; apa kamu bisa mendapat nilai A di setiap tantangan rahasia? Tanpa menguasai setiap gerakan alienmu, mustahil menyelesaikannya hanya dalam beberapa menit! Buktikanlah! Satu-satunya hal yang patut disayangkan adalah walaupun sebenarnya Ben memiliki 10 bentuk alien bahkan lebih, di game ini kamu hanya bisa memainkan 5 di antaranya (sesuai jalan cerita).

Wisata Penuh Alien

Ben gwenDaerah petualangan Ben dalam game ini cukup luas; bahkan mencakup hampir seluruh Amerika Serikat. Mulai dari Grand Canyon, Area 51 (!?), San Fransisco, Hoover Dam, Chicago, Bayou, New Orleans, sampai Washington D.C. Lucunya, setiap kali menyelesaikan satu level, Ben, Gwen, dan kakek Max akan berfoto sambil bergaya dengan pemandangan lokasi level tersebut sebagai latar belakang. Tentunya bukan sedang serius menghadapi musuh, tapi bercanda dan pasang pose-pose keren serta lucu layaknya foto-foto wisata. Dalam permainan sendiri lingkungan tempat-tempat terkenal di atas digambarkan sangat jelas; baik setiap bangunan besar, jalan raya, tempat sampah, lampu jalan, mobil-mobil, tidak lupa juga benda bersejarah seperti meriam perang dalam level Historic Battlefield, juga White House di Washington D.C. Konyolnya lagi, setiap bentuk alien Ben punya kata-kata humor sendiri (lelucon dengan kata-kata Bahasa Inggris yang punya banyak arti) dengan pengisian suara yang sangat tepat serta berkualitas seperti di filmnya; setiap kali bertarung dengan musuh di tempat-tempat indah ini. Namun jelas sekali keindahan tempat-tempat itu dikotori oleh alien dan robot-robot pengacau. Sesuai subtitel Protector of Earth (Pelindung Bumi); sudah tugasmu sebagai Ben 10 untuk membersihkan Bumi dari ancaman perang luar angkasa!

Nilai

Grafis 90=A+

Suara 75=B+

Permainan 85=A

Fitur 75=B+

Keseluruhan 81=A

E (0-20) = Parah

D (21-40) = Buruk

C (41-60) = Kurang

B (61-80) = Bagus

A (81-99) = Hebat

S (100) = SEMPURNA!

Advertisements