PS2CoverSheet10_06Baroque

Pengembang : Sting

Penerbit : Atlus

Genre : RPG-Aksi, Misteri

Pemain : 1 orang

Ukuran Data : 301 kb

Sistem : PS2

Tahun : 2008

Rating : Dewasa

(Juga untuk Nintendo Wii)

[The Blaze]

Dulu… Dunia telah hancur oleh bencana ledakan besar. Ledakan itu membakar habis segalanya… Karena warnanya yang merah pekat seperti bara api, orang-orang menyebut bencana itu “The Blaze”.Sekarang, orang-orang yang masih tersisa terpaksa tinggal di dataran tandus dengan mempercayai setitik cahaya harapan yang samar… dan meneruskan hidup.

Tebuslah Dosa-dosamu

gfs_98332_2_2Seolah habis bermimpi, tokoh utama (disebut Yourself) mendapati dirinya di tengah kota yang tersisa. Berdiri tanpa pakaian yang layak serta tujuan yang jelas, Yourself berkeliling kota dan menemui orang-orang. Gadis bertanduk yang duduk diam, orang dalam karung yang digantung, makhluk aneh pemakan bibit, anak kecil dengan tas besar di kepalanya, juga pembuat gua bawah tanah bermulut kasar. Mereka semua sama sekali tidak terlihat normal dan dalam kondisi sangat memprihatinkan; terutama dari segi mental. Wajah mereka dipenuhi keputusa-asaan dan pasrah pada takdir. Yourself pun begitu: tanpa alasan yang jelas, dia merasa ingatannya berserakan di dunia ini dan hatinya penuh dengan rasa bersalah. Penjaga pintu sebuah rumah misterius yang sepertinya menyimpan rahasia menghempaskan Yourself begitu saja. Satu-satunya tujuan adalah menara hitam yang diselimuti kabut merah… Neuro Tower.

937839_20080401_screen007Di depan menara, Yourself bertemu seorang lelaki bersayap yang mengatakan bahwa dia prihatin pada kondisi Yourself yang tidak tahu apapun; termasuk dosa yang telah diperbuatnya. Yourself hanya membisu; tidak mengerti, lalu lelaki bernama Archangel itu memberikan sebuah senapan suci; Angelic Rifle. Archangel pun memerintahkan Yourself untuk pergi ke dasar dari Neuro Tower dengan membawa senapan itu, dan memakainya untuk menebus dosa. Yourself tak punya pilihan selain melakukan sesuai perintah; untuk mengetahui siapa dirinya sebenarnya, …serta dosa apa yang telah dilakukannya.

Neuro Tower, Meta-beings… Penyucian… Tanpa Ampun

937839_20080401_screen008Walau berbasis Aksi-RPG, permainan dalam Baroque sangatlah berbeda. Kamu memulai permainan sebagai Yourself dengan Level 1 yang ada di tengah kota. Status kamu adalah HP, VT, ATK dan DEF. Status yang mungkin baru kamu tahu adalah VT. VT (Vitality Point) adalah staminamu dalam game; Setiap waktu berlalu, VT akan berkurang perlahan. Tapi, selama masih ada VT, HP kamu akan pulih perlahan-lahan. Sebaliknya, bila VT-mu 0… HP akan turun! Kamu bisa berkeliling kota untuk bertanya pada orang-orang, tapi sebelum VT habis, dekatilah Neuro Tower untuk bertemu Archangel. Dia akan memberimu Angelic Rifle, dan kamu bisa memasuki Neuro Tower. Di dalam, petualanganmu dimulai; kamu harus menuruni menara sampai ke lantai paling dalam untuk menemukan kebenaran. Meta-being, monster-monster aneh yang berkeliaran akan menyerangmu hampir di setiap lantai.

Sebagai Yourself, kamu memiki kemampuan untuk menyucikan musuh yang dikalahkan, tapi bagaimana cara melawan? Angelic Rifle, walaupun kuat, hanya punya 5 peluru dan tidak bisa diisi ulang. Satu-satunya jalan adalah mengumpulkan senjata, pakaian pelindung, makanan, sampai parasit untuk mencapai dasar menara hidup-hidup. Setiap kali kamu mengalahkan musuh, akan mendapat EXP yang bisa membuatmu naik Level, serta menaikkan jumlah HP dan VT. Namun tidak seperti game RPG lain, ATK dan DEF kamu takkan meningkat seiring Level! Di antara parasit yang kamu kumpulkan, 937839_20080321_screen005memang ada yang bisa meningkatkan ATK dan DEF, tapi sangatlah langka, juga hanya +1! Senjata menjadi satu-satunya jalan bagimu untuk menyerang musuh dengan baik, serta pakaian pelindung/Armor satu-satunya pertahananmu terhadap serangan mereka. Karena sangat bergantung pada perlengkapan yang ada, permainan Baroque sangat menantang; apalagi dalam tingkat kesulitan HARD. Bukan hanya musuh yang patut diperhatikan; demikian pula jebakan-jebakan yang bisa menewaskan Yourself dalam sekejap! Kalau terdesak, kamu juga bisa melempar benda keras apa saja baik itu senjata, baju, tulang, batu atau apapun juga untuk menyerang. Kamu juga bisa memasang perangkap bila menemukan Disk yang sesuai. Tapi hati-hati, karena bisa mengenai diri sendiri!

Kematian Bukanlah Akhir

Ya, benar. Walau mati berapa kali pun, tidak ada GAME OVER. Setiap kali 937839_20080401_screen005mati, kamu akan ada kembali di tengah kita, tapi bukan mengulang dari awal. Archangel hanya akan protes pada kecerobohanmu dan menyuruhmu mencoba lagi. Setiap kali mati pun, jalan cerita semakin maju dan berkembang. Tapi, setiap kali ini terjadi, kamu akan kehilangan semua perlengkapan yang kamu dapat dan Levelmu menjadi 1 lagi! Bukan hanya mati; setiap kali kamu menyelesaikan Neuro Tower, ini pasti terjadi. Hah? Benar, menyelesaikan Neuro Tower sampai ke dasar bukan berarti kamu sudah membuka semua kebenaran dan menyelesaikan permainan. Di setiap kali menyelsaikan tersebut, ada rahasia-rahasia yang harus kamu ungkap sebanyak mungkin di setiap kesempatan; dari orang-orang di kota dan Neuro Tower. Tepat, dalam Neuro Tower pun banyak orang berkeliaran. Sebagian besar menyalahkan Yourself atas apa yang terjadi, takut, tidak peduli, juga sakit hati. Tambah lagi, Yourself melihat sesosok hantu menyerupai dirinya sendiri yang mengaku sebagai kakak… yang telah dibunuh Yourself! Setiap perkataan misterius mereka memiliki kunci dari memecahkan kejadian yang sesungguhnya. Entah dengan memberi suatu barang atau menyucikan mereka dan menyelesaikan Neuro Tower berkali-kalilah kamu bisa mengetahuinya… Karena perlengkapan dan Level akan selalu direset, tambah lagi kamu hanya bisa membawa 20 barang, kamu harus menyimpan barang-barang penting sebelum menyelesaikan Neuro Tower. Caranya adalah memasukkan barang-barang ke dalam Consciousness Orb; bola merah yang akan mentransfer barang ke luar menara. Saat kamu ada di luar lagi, kamu bisa meminta barang-barangmu pada si anak dengan tas di kepalanya (Item Collector). Memang kamu harus memukulnya dulu agar dia mau memberikannya, tapi dengan cara ini sajalah keselamatanmu dalam petualangan berikutnya akan terjamin. …Juga membuatmu bisa meneruskan pencarian petunjuk semua teka-teki ini…

Baroque… Idea Sepirah… Order of Malkuth… Pure Water, Pain, The Absolute God

Benda-benda kunci terpenting dalam game ini adalah Idea Sepirah, semacam bola ingatan dan inti dari makhluk hidup. Semuanya, baik musuh Meta-being, orang-orang, bahkan Yourself pun memilikinya. Idea Sepirah atau Baroque ini bisa dibaca dengan oleh Baroquemonger yang tinggal di sudut kota. Kebanyakan isinya adalah masa lalu yang pedih dengan kejadian menyedihkan yang sulit diungkapkan. Perasaan marah, kebencian, bingung, sedih, semua ada. Beberapa karakter meminta Baroque yang tepat untuk membuka jalan cerita sampai taraf akhir. Kejelian serta kegigihanmu menemukan semuanyalah faktor utama dari memecahkan misteri dalam Baroque. Terutama mengenai 2 orang gadis yang meminta Pure Water (air murni), Pain (rasa sakit), dan sang pencipta: The Absolute God, yang dilindungi Order of Malkuth. Mereka merasa kesakitan, sedih, serta menggila; meminta pertolongan pada Yourself…

Secara menyeluruh, game Baroque sangat mengutamakan unsur Survival 937839_20080321_screen006(bertahan hidup) sambil memecahkan misteri. Walau sekilas kedengaran seperti Resident Evil atau Silent Hill, game ini sama sekali tidak menyeramkan. Hanya misteri di dalam ceritanya begitu rumit dan sulit dipahami. Namun itu jugalah daya tarik utama game ini. Setiap adegan, item, serta Baroque yang telah kamu kumpulkan bisa dilihat kembali dalam menu Database. Karakter berikut penjelasannya juga bisa kamu lihat di sini. Akan lebih mudah dimngerti apabila kamu memeriksa setiap sudut Database ini sampai kumpulan suara karakter (kata-kata misterius mereka) yang bisa kamu dengarkan untuk menganlisanya lebih jauh. Gamer (pemain) anak-anak mungkin akan cepat bosan memainkannya, tapi gamer dewasa yang sudah berpikiran maju pasti akan terpaku puluhan jam untuk mengungkap kebenaran di balik kisah ini. Permainannya yang sukar, penuh keterbatasan, dan tidak kenal ampun sangat menantang untuk dimainkan sampai akhir. Siapakah di antara kamu, para pemain yang bisa melihat kebenaran?

Nilai

Grafis 85=A+

Suara 75=B+

Cerita 95=A+

Permainan 80=A

Fitur 80=B+

Keseluruhan 83=A

E (0-20) = Parah

D (21-40) = Buruk

C (41-60) = Kurang

B (61-80) = Bagus

A (81-99) = Hebat

S (100) =SEMPURNA