Ben 10 Alien Force:

Vilgax Attacks

Pengembang   : Papaya Studio

Penerbit          : D3 Publisher

Genre              : Aksi

Sistem             : Playstation 2

Pemain            : 1 orang

Memory Card : 605 kb

Rating              : Semua Umur

Tahun              : 2009

(Juga untuk Nintendo Wii, XBOX 360, dan Nintendo DS)

Petualangan Alien Lagi, Musuh Lama Lagi!?

Siapa tidak kenal Ben Tennyson? Atau mungkin lebih dikenal dengan sebutan Ben 10? Anak muda pemilik jam tangan alien Omnitrix yang sekarang sudah remaja berumur 15 tahun itu kembali bertualang bersama sepupu setengah aliennnya Gwen Tennyson, dan musuh lama Kevin Levin, dalam game baru Ben 10 Alien Force: Vilgax Attacks.

Setelah beberapa usaha penyelematan Bumi dari invasi alien, Vilgax sang musuh bebuyutan Ben entah bagaimana telah kembali! Alien berkepala gurita yang jahat, kejam, dan bermaksud menguasai seluruh galaksi itu sekarang sudah lebih besar, ahli pedang dan pistol, berpenampilan baru… Dan membawa pasukan alien baru! Setelah mengumpulkan 5 bola energi untuk menghidupkan Null Void Projector (Pembuat Gerbang ke Null Void; tempat pembuangan penjahat galaksi dan alien jahat serta ganas) dari berbagai planet, Vilgax langsung menginvasi Bumi dengan pasukan alien yang hampir tak terbatas jumlahnya. Ben, Gwen dan Kevin langsung memerangi mereka semua, tapi usaha mereka sia-sia karena jumlah pasukan Vilgax terlalu banyak. Profesor Paradox muncul membawa pesan penting kakek Max Tennyson; lalu mengirim Ben dkk kembali ke waktu sebelum Vilgax mendapat 5 bola energi tersebut, untuk mendapatkannya lebih dulu dan menyelamatkan masa depan Bumi.

Kali ini, Benar-Benar Ben 10!

Permainan dalam Ben 10 Alien Force: Vilgax  Attacks mengalami peningkatan drastis dari sebelumnya; terutama dari segi permainan, juga fitur. Coba saja, begitu memulai permainan di Bellwood, kamu bisa langsung mengakses 10 alien Ben!! Spidermonkey, Humungosaur, Big Chill, Swampfire, Goop, Cannonbolt, Brainstorm, Echo-Echo, Chromastone, dan Jetray. Variasi alien yang mencapai dua kali lipat ini menambah keunikkan permainan berlipat-lipat!

1. “Kiikik!?” Dengan Spidermonkey, selain bisa menghajar musuh ala simpanse dan menjerat robot dengan jaring, kamu bisa melompat dua kali, berayun ke tempat jauh ala Spider-Man, serta memanjat pipa-pipa tipis untuk mencapai tempat tinggi.

2. Mau yang BESAAARR??? Humungosaur bisa menghancurkan mobil, mendobrak pintu baja dan batu karang, menarik benda-benda besar dan berat, serta menghantam musuh dengan gempa bumi.

3. Mau AC alam? Tidak tahan cuaca panas belakangan ini? Big Chill membekukan para musuh, membuat danau es, terbang melayang ke tempat jauh atau mengarungi aliaran udara ke atas bukit, serta menghilang bak hantu!

4. Ingin para pasukan Vilgax merasakan cuaca panas dan kering? Swampfire menyemburkan api, merambatkan tanaman ke musuh, serta membuat ledakan gas!

5. Ingin menggilas musuh seperti mobil balap, memutar tombol rahasia, serta menggelinding di lubang sirkuit atau memantul-mantul dahsyat dan cepat bak bola pinball? Pakai Cannonbolt!

6. Siapa bilang agar-agar itu lembek? …Oke, memang lembek, tapi tidak lemah! Goop menembakkan ‘jelly’ tubuhnya, berjalan gontai dan menyibak musuh seperti agar-agar, serta menempel seperti lendir di tembok untuk mencapai tempat tinggi!

7. Merasa dirimu pintar atau jenius? Ingin jago teka-teki dan puzzle seperti Einstein? Putar dan tekan Omnitrix-mu… Coba lihat sebesar apa ukuran otak, gelombang listrik yang dipancarkan, serta medan pelindung magnetik milik Brainstorm!

8. Daripada teriak di karaoke, lebih baik bergaung kepada rombongan alien jahat dengan Echo-Echo! Perbanyak dirimu sampai lima orang untuk mengeroyok musuh, teriakkan gelombang ultrasonik untuk membuat dinding suara frekuensi tinggi, membuat putaran totem manusi— eh alien, atau sekedar menyuruh salah satu klon untuk menekan tombol! ^_^

9. Pantulkan sinar! Pancarkan sinar! Pukulan sinar! Tembakkan sinar! Pelindung sinar! Ledakan sinar!  Jual berlian dan silikon! (…Eh?) Chromastone!!!

10. Terbang cepat, kuat, bermata dan berekor laser, sebagai Batman— Eh, kelelawar merah hebat (tapi seram), Jetray!

???. …Apa, Alien X? Ayolah, kalian tidak mau berdebat dengan Serena dan Bellicus kan? Makanya Ben tidak memasukkannya dalam pilihan Omnitrix di game ini! XD

Sayangnya ben terlalu berlebihan memakai perubahan cepat Omnitrix dalam merobohkan Mr. Smoothy (maskot minuman favorit Ben), sehingga Ben tidak bisa lagi mengakses semua aliennya dan Azmuth pun mengomel (namanya juga Ben!). Ben terpaksa menunggu dengan sabar sampai energi jam Omnitrix kembali pulih, supaya semua aliennya kembali satu-persatu.

Mengarungi Planet-Planet Alien, Dimensi lain, Bahkan Null Void!

Tidak hanya aliennya, tempat-tempat yang kamu datangi sepanjang petualangan pun banyak… Bahkan sampai ke planet lain, dengan menaiki Ship!! Pemain mulai di kota Bellwood di Bumi, untuk menghentikan serangan Vilgax ke kota sekaligus merobohkan tangan kanan Vilgax: Psyphon. Setelah ditolong profesor Paradox, pencarian bola energi dimulai di Planet Vulpin, tempat asal Wildmutt yang gelap, penuh cairan gas peledak dan alien ular (berkepala dua) buas! Melewati reruntuhan zaman kuno dinosaurus di Planet Terradino asal Humungosaur, yang diganggu sang penyihir genit Charmcaster. Memecahkan susunan mesin canggih nan rumit di Planet Enchepalon IV asal otak jenius (?) Brainstorm, dengan sang Darkstar menunggumu. Dibantu nenek Verdona Tennyson, masuk ke dimensi lain Anur Phaetos tempat tinggal Ghostfreak yang penuh jebakan duri, kegelapan maut, serta hantu-hantu (hii!!). Bertemu Cooper si maniak teknologi (dan penggemar Gwen) di Planet Morotesi asal Chromastone, dengan berlian (serta bor…) bertaburan di mana-mana, dan Albedo (tiruan jahat Ben, mantan asisten Azmuth) menantang! Belum lagi menemukan bola energi rahasia yang disembunyikan kakek Max di Null Void dari tangan jahat D’Void (Dr. Animo, sebenarnya). Semuanya nanti akan diselesaikan di kapal perang Vilgax; Ben dan Vilgax, satu lawan satu!!!

Game ini mengalami banyak sekali peningkatan; sepertinya pembuat game ini sadar akan kritik fans dan kekurangan game sebelumnya, sehingga hampir semua kekurangan sebelumnya tertutupi. Pertama dan paling penting, sekarang Ben bisa berubah menjadi 10 alien (benar-benar Ben 10!), membuat permainan menjadi jauh lebih kompleks dan menarik dengan kempampuan unik 10 alien. Kedua, levelnya jauh lebih panjang dan penuh variasi, dari berbagai planet asal alien sampai dimensi lain dan Null Void. Ketiga, grafis 3D-nya masih terkesan kurang hidup, tapi jauh lebih mulus dan cantik dari sebelumnya. Meskipun masih tersisa kekurangan seperti tidak bisa memainkan Gwen dan Kevin, kombo serangan alien masih kurang banyak, efek pukulan ke musuh kurang terasa (tidak ada getaran yang menadakan serangan kita sudah kena), pengisian suara yang bagus tapi volumenya terlampau kecil dibanding BGM (Background Music) dan SFX (Sound Effect) sehingga tidak maksimal, serta atmosfir yang masih gelap. Namun semua cukup tertutupi dengan adanya berbagai video menarik sepanjang permainan yang bisa dilihat kembali di Bonus Material, meskipun tidak ada gambar sketsa.

Usaha Papaya Studio, D3 Publisher, serta havok sudah bagus, tapi harusnya bisa jauh lebih hebat lagi jika diberi waktu lebih. Jangan terburu-buru! Pokoknya ini game yang wajib dimainkan bila kalian penggemar Ben 10 Alien Force. Luasai kekuatan 10 alien di Omnitrix-mu! Siap…? “Waktunya pahlawan!”

Nilai:

Grafis              : 75      B++

Suara               : 65      B+

Permainan      : 80      B++

Fitur                 : 65      B+

Cerita              : 75      B+

Keseluruhan   : 72 B+

E (0-20)           : Parah

D (21-40)         : Buruk

C (41-60)         : Kurang

B (61-80)         : Lumayan

A (81-99)         : Bagus

S (100)             : SEMPURNA

About these ads