Ben 10 Alien Force (Custom)

Ben 10 Alien Force (Custom)

Ben 10 Alien Force

Pengembang: Vicious Engine Software

Penerbit         : D3 Publisher

Genre               : Aksi

Sistem              : Playstation 2

Pemain             : 1-2 orang

Memory Card : 84 kb

Rating : Semua Umur

Tahun : 2008

(Juga untuk Nintendo Wii dan Nintendo DS)

Petualangan Penuh Alien Berlanjut!

CROCCO04Ben 10 Alien Force adalah sekuel dari serial kartun Ben 10 di Cartoon Network yang tamat pada bulan April lalu. Lima tahun setelah Ben 10 berakhir, Ben Tennyson yang sekarang sudah berusia 15 tahun menjalani kehidupan normal setelah berhasil melepaskan Omnitrix dari tangannya secara paksa. Ketika akan mengunjungi kakeknya Max Tennyson di Rust Bucket (mobil van canggih sekaligus rumah kakek Max), dia tak ada di sana. Malah ben bertemu dengan alien aneh yang menyerangnya tanpa basa-basi. Tanpa Omnitrix, ben mengusir alien itu dengan akal cerdiknya sendiri. Ben menyadari alien itu mencari sesuatu di sana, dan Ben menemukan sebuah alat berisi pesan kakek Max yang hanya menyampaikan bahwa dia terlibat dalam penyelidikan aktivitas alien misterius serta Omnitrix yang aman bersamanya. Ben segera pulang ke rumah dan mendapati Omnitrix masih ada di kamarnya; lalu apa maksud kakek Max? Ben yang kebingungan mendatangi Gwen Tennyson sepupunya; menceritakan semuanya, dan meminta saran: demi mencari kakek Max, apakah Ben harus memakai Omnitrix sekali lagi? Berbagai kejadian aneh yang melibatkan kawanan alien baru HighBreed dan grup musuh lama Forever Knights, membuat Ben mengambil keputusan… Dengan bantuan sepupunya Gwen dan musuh lama yang bertobat Kevin ‘’11’’ Levin, Ben akan kembali memakai Omnitrix di lengan kirinya dan bertempur!

Maju Dengan Kekuatan Penuh!

ben-10-alien-force-the-game-20090204115633962_640wPermainan dalam Ben 10 Alien Force hampir sama dengan game Ben 10 Protector of Earth sebelumnya: maju ke kanan dan melawan setiap musuh yang menghalangi. Sebagai Ben, kamu bisa memukul dan menendang, juga berguling menghindari serangan musuh. Tentunya Ben yang tidak bisa bela diri perlu lebih dari itu untuk menghadapi para alien HighBreed dan prajurit Forever Knights. Secara tidak sengaja, Ben membuat Omnitrix di lengannya ber-kalibrasi: penyesuaian bentuk jam dan perombakan DNA alien di dalamnya. Selain bentuknya yang berbeda, semua alien Ben yang dulu hilang dan tergantikan 10 bentuk alien baru yang ditampilkan bukan lagi dengan siluet hitam; melainkan dalam bentuk hologram 3 dimensi. Kamu bisa mengaktifkan Omnitrix untuk berubah ke berbagai bentuk alien baru seperti: Swampfire; alien tanaman tapi bisa menembakkan api dan kebal, Big Chill; ben_10_alien_force_the_game_profilelargealien es yang bisa melayang, tak tersentuh seperti hantu, dan membekukan musuh, Humongosaur; alien dinosaurus raksasa yang sangat kuat, dan lain-lain. Beberapa daerah hanya bisa dilewati bentuk alien tertentu: seperti melewati jurang yang jauh dengan Jet Ray; alien kelelawar yang bisa terbang cepat, atau memanjat sulur tanaman seperti jaring dengan alien monyet-laba-laba Spidermonkey. Setiap alien punya serangan kombo yang berbeda; yang bisa dibuka satu-persatu dengan mengumpulkan poin Omnitrix (bola energi kuning) yang dijatuhkan musuh yang kalah, sama seperti dulu.

ben_10_alien_force_the_game_profilelarge 2Alien tidak bisa selalu memecahkan masalah dan rintangan; di situlah Gwen dan Kevin masuk! Untuk pertama kalinya kamu bisa memainkan Gwen dan Kevin dengan kemampuan mereka masing-masing. Berbeda dengan Ben, Gwen bisa bela diri dan ahli membanting (Judo). Gwen bisa membanting musuh yang badannya lebih kecil, atau menendang mereka. Selain bela diri, Gwen memiliki kekuatan sihir; kamu bisa mengeluarkan gelombang energi sihir untuk menyerang musuh, membuat perisai sihir yang kebal serangan, bahkan lompat ganda dan melayang dengan pijakan dari sihir! Walau tidak bisa berubah menjadi alien, kemampuan Gwen melebihi Ben dalam wujud manusia. Sementara Gwen bisa sihir, Kevin bisa menyerap energi materi objek padat apa saja yang disentuhnya. Misalnya saat menyerap energi baja, tubuh Kevin akan dilapisi baja keras yang bisa menahan serangan musuh dan meningkatkan tenaga pukulan Kevin. Detektor logam yang tidak bisa dilewati Ben bisa dilewati Kevin dengan cara ini. Selain baja, ada pula kayu dan batu yang bisa Kevin serap. Memang terbatas dan punya kelemahan masing-masing, tapi sangat membantu!

Walau masih tetap menarik, banyak sekali hal yang patut disayangkan dari game ini. Pertama, bentuk alien yang ada hanya 5; padahal sudah banyak fans yang memprotes hal ini. Kedua, grafis full 3 Dimensi mengaburkan kesan kartun yang ada; walau terlihat cukup bagus, masih banyak pecah-pecah di sudut pandang tertentu selama permainan. Ketiga, kombo serangan setiap alien jumlahnya sangat sedikit dan kurang inovasi. Keempat, bonus yang bisa dibuka hanya gambar sketsa; itupun ukurannya kecil dan hanya ada sedikit. Kelima dan yang paling fatal: walau bisa memainkan Gwen dan Kevin, level yang tersedia hanya 8; tidak sampai setengah jumlah level Ben 10 Protector of Earth, ceritanya pun kurang dalam! Sebenarnya game ini bisa berkembang lebih jauh, dramatis, dan bagus dari sekarang apabila diberi lebih banyak waktu. Terbukti Ben 10 Protector of Earth yang dikembangkan High Voltage Software tahun 2007 lalu (saat episode Ben 10 sudah sangat jauh) lebih baik dan benar-benar mencerminkan sebuah game Ben 10 seharusnya. Meski banyak nilai kurangnya, ada hal yang patut diberi nilai khusus seperti pengisian suara para tokoh oleh pengisi suara terkenal seperti Yuri Lowenthal (pengisi suara Haseo di .hack G.U. dan Tokoh Utama di Persona 3) untuk Ben, Dee Dudley Baker untuk para alien Ben, dan masih banyak. Pengisian suaranya begitu pas dan nyaris sempurna; sayang tidak diimbangi musik latar (BGM) yang menarik. Perlu lebih banyak usaha untuk mengangkat nilai game ini.

Nilai:

Grafis : 65 B+

Suara : 70 B+

Permainan : 75 B++

Fitur : 50 C+

Cerita : 70 B+

Keseluruhan : 64 B

E (0-20) : Parah

D (21-40) : Buruk

C (41-60) : Kurang

B (61-80) : Lumayan

A (81-99) : Bagus

S (100) : SEMPURNA!

About these ads